Arab Saudi Resmi Punya Pelatih Baru, Sosok Ini Bakal Adu Otak dengan Shin Tae-yong di Timnas

Manajer Arab Saudi, Herve Renard
Sumber :
  • Twitter: Manajer Arab Saudi, Herve Renard

VIVA – Jelang menghadapi Timnas Indonesia, Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) resmi mengumumkan Herve Renard sebagai pelatih Timnas Arab Saudi.

Herve Renard menggantikan Roberto Mancini yang pada beberapa hari sebelumnya dipecat lantaran dinilai gagal membawa Arab Saudi tampil baik di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

“Dewan Direksi Federasi Sepakbola Arab Saudi menyetujui pelatih asal Prancis, Herve Renard, ditunjuk untuk memimpin tim nasional hingga akhir tahun 2025, dengan opsi untuk diperpanjang hingga Piala Asia pada 2027,” tulis keterangan Federasi Arab Saudi.

“Mulai Minggu, 27 Oktober 2024, Herve Renard akan mengemban tugas memimpin tim nasional. November mendatang, Al-Akhdar bersiap melakoni dua laga melawan Timnas Australia dan Timnas Indonesia di laga kelima dan keenam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia,” jelas Federasi Sepakbola Arab Saudi.

Renard bukanlah sosok asing karena ia adalah pelatih Arab Saudi di Piala Dunia 2022. Renard meninggalkan Arab Saudi di bulan Mei 2023. 

Saat itu ia memutuskan untuk jadi pelatih timnas wanita Prancis dalam menghadapi Piala Dunia Wanita 2023 dan Olimpiade 2024.

Renard mengakui bahwa ia sejatinya memang masih punya ikatan kuat dengan Arab Saudi. Ia menyebut keputusan meninggalkan Arab Saudi di tahun 2023 didasarkan karena tugas negara memanggil.

"Saya tidak punya keinginan untuk hengkang namun ketika negara mengetuk pintu dan memanggil, saya harus memberikan respons," kata Renard.

"Hubungan saya dengan Arab Saudi: penggemar, pemain, dan seluruh kenangan yang tidak bisa saya lupakan. Saya belum menyelesaikan cerita saya dengan Arab Saudi," ujar Renard.