Respons Real Madrid Usai Andres Iniesta Pensiun

Mantan pemain Barcelona, Andres Iniesta.
Sumber :
  • Twitter/@andresiniesta8

VIVA – Andres Iniesta telah mengumumkan keputusannya untuk pensiun pada Selasa 10 Oktober 2024. Real Madrid sebagai klub yang sering menghadapi Iniesta memberikan penghormatan kepada eks gelandang Barcelona itu.

Pemain berusia 40 tahun, yang melakukan debut tim utama Barcelona 24 tahun lalu pada tahun 2002, dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah dihasilkan Spanyol.

Selama karirnya, Iniesta membantu Barcelona memenangkan 29 trofi, termasuk sembilan gelar La Liga dan empat Liga Champions.

Di tingkat internasional, Iniesta adalah bagian integral dari kemenangan Spanyol di Piala Dunia 2010 serta kemenangan mereka di Kejuaraan Eropa pada tahun 2008 dan 2012.

“Sepak bola berakhir pada tahap ini. Pertandingan terus berlanjut… Saya tidak bisa terlalu jauh dari sepak bola, ini telah menjadi hidup saya dan akan terus demikian. Kami sedang mengerjakan proyek yang berbeda," kata Iniesta.

“Pada langkah selanjutnya, aku punya motivasi untuk terus berlatih di luar sepak bola, tapi dengan cara yang sama. Saya perlu belajar, membuat kesalahan, berlatih, dalam proyek klub yang kami miliki, akademi… yang merupakan warisan yang ingin terus saya pertahankan. Dan saya sudah memulai kursus kepelatihan.

'Mereka yang mengenal saya tahu bahwa saya cukup keras kepala. Saya berharap bisa melakukan pekerjaan dengan baik bukan dengan mengejar bola, tapi dari sisi lain. Tapi dengan banyak keinginan.

Iniesta mengaku ini adalah momen yang sangat menyedihkan untuknya. Dia sebenarnya berharap bisa bermain hingga usia 90 tahun.

“Sungguh menyedihkan karena saya seharusnya bermain sampai saya berusia 90 tahun, tapi saya senang bisa mewujudkan impian menjadi pesepakbola.”

Kabar pensiunnya Iniesta telah menimbulkan berbagai reaksi di kalangan sepakbola dunia. Salah satunya adalah Real Madrid, tim rival bebuyutan Barcelona 

Real Madrid memberikan penghormatan kepada Iniesta dengan pernyataan yang berbunyi: 'Menyusul pengumuman Andres Iniesta bahwa ia pensiun dari sepak bola profesional, Real Madrid C. F., Presiden dan Dewan Direksinya ingin menyampaikan pengakuan, kekaguman dan kasih sayang mereka kepada salah satu dari mereka. legenda terbesar sepak bola Spanyol dan dunia.

“Andres Iniesta telah memperkaya olahraga ini melalui sepak bola dan nilai-nilainya, selain berbagai trofi yang telah ia menangkan selama kariernya. Gol ikoniknya di Final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan akan selamanya dikenang oleh setiap penggemar Spanyol.

“Real Madrid ingin mendoakan yang terbaik untuk dia dan keluarganya di babak baru dalam hidupnya.”