Intip Gaji Pemain Muda Terbaik Euro 2024 Lamine Yamal di Usia 17 Tahun

Pemain Barcelona, Lamine Yamal
Sumber :
  • AP Photo/Joan Monfort

VIVA –Lamine Yamal tengah menjadi sorotan usai tampil memukau bersama Timnas Spanyol di Piala Eropa 2024. Bahkan, di akhir kompetisi, ia dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Euro 2024.

Meski baru saja merayakan ulang tahun ke-17, Lamine Yamal telah memiliki kekayaan sebesar 3 juta USD atau setara Rp 48,54 miliar yang sebagian besar dihasilkan dari gajinya menjadi pemain Barcelona.

Pada usia 15 tahun, 9 bulan, dan 16 hari, Yamal menjalani debutnya sebagai pemain termuda dalam sejarah Barcelona, saat Blaugrana menang 4-0 atas Betis di La Liga pada 29 April 2023.

Pemain Timnas Spanyol, Lamine Yamal bersama pacarnya Alex Padilla

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Mengutip laporan Essentially Sports, Lamine Yamal mendapatkan gaji pokok tahunan sebesar 1,79 juta USD atau sekitar Rp29 miliar saat pertama dia membela Barcelona dengan durasi kontrak tiga tahun.

Dalam satu minggu Lamine Yamal dapat mengantongi sekitar 35 ribu USD atau Rp564 juta. Dan 5,37 juta USD sekitar Rp87 miliar hingga durasi kontrak pertamanya di Barcelona berakhir.

Besaran gaji tersebut tidak termasuk dengan bonus yang ia terima jika selama bermain dapat mencetak gol atau assist.

Dalam kontrak tersebut juga tertuang klausul, setiap klub yang ingin membeli Yamal sebelum durasi kontraknya habis di Barcelona, maka harus membayar 1,07 miliar USD atau setara Rp17,31 triliun.

Di luar gaji dari Barcelona, Yamal juga memiliki pemasukan lain dari Adidas usai menjalin kerjasama selama 10 tahun senilai 34 juta USD atau Rp 550 juta pada Februari 2024 lalu.

Pemain Timnas Spanyol, Lamine Yamal rayakan gol

Photo :
  • AP Photo/Hassan Ammar

Adidas telah mengkonfirmasi kabar ini melalui laman resmi mereka. Namun, tidak disebutkan berapa nilai kontrak yang diterima Yamal sehingga belum diketahui total upah yang diterimanya dari Adidas.

“Saya bangga bergabung dengan adidas karena mereka selalu menjadi merek terbaik. Saat tumbuh dewasa, saya mengidolakan Leo Messi yang telah bersama adidas sejak saya pertama kali menonton sepak bola. Saya menantikan tahun-tahun mendatang bersama adidas,” ungkap Yamal dikutip dari laman resmi Adidas.