Mikel Arteta Berubah Menjadi Jose Mourinho

Manajer Arsenal, Mikel Arteta
Sumber :
  • AP Photo/Dave Thompson

Inggris, VIVA – Manajer Arsenal, Mikel Arteta dinilai sudah berubah menjadi Jose Mourinho. Tapi penilaian ini lebih kepada persepsi negatif dari mantan pemain Liverpool, Jammie Carragher.

Jamie Carragher menilai Mikel Arteta telah mengadaptasi taktik buang-buang waktu yang bisa diterapkan Jose Mourinho dalam skuad asuhannya. Itu terjadi saat Arsenal melawan Liverpool dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 27 Oktober 2024.

"Saya sudah memikirkan hal ini sejak lama, mungkin kembali ke pertandingan tahun lalu," kata Jamie Carragher, dikutip dari Sky Sports.

"Karena Mikel Arteta bekerja dengan Pep, kami menganggapnya sebagai murid Pep Guardiola. Jika Anda melihat dua manajer paling asukses dalam 10-15 tahun terakhir, Anda akan melihat Pep di satu sisi dan Jose di sisi lainnya," imbuhnya.

"Mikel Arteta perlahan-lahan berubah menjadi manajer tipe Jose Mourinho dan tidak seorang pun benar-benar mengira itu akan terjadi. Mereka unggul 2-1, menekan Liverpool, unggul dan bermain sangat baik, tapi mereka mundur di babak kedua."

Carragher memahami Arsenal kehilangan pemain pilar di lini belakang karena cedera. Tapi masih ada pemain tengah dan penyerang yang bisa menguasai bola dan meredakan tekanan lawan.

Namun Arteta justru memilih untuk bermain bertahan. Tapi pada akhirnya Liverpool bisa mencetak gol penyama kedudukan hingga membuat skor menjadi 2-2.