Mengintip Megahnya 'Emirates Stadium' di Kalimantan Timur

Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur
Sumber :
  • skyscrapercity.com/

VIVA.co.id – Geliat sepakbola Indonesia yang terus menampakkan gairahnya, sepertinya juga merangsang bagi setiap daerah untuk mengembangkan pembangunan infrastruktur. Fenomena ini konon dapat tercermin dari mulai banyaknya berdiri sejumlah sarana olahraga megah, khususnya sepakbola beberapa tahun ini di luar Ibu Kota DKI Jakarta.

Seperti halnya Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang memiliki sejumlah stadion berskala internasional pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 lalu. Jabar yang merupakan tuan rumah PON XIX 2016, tercatat memiliki lima stadion megah yakni Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), si Jalak Harupat Soreang, Pakansari Cibinong, Patriot Bekasi dan Wibawa Mukti Cikarang.

Kini, misi serupa itu pun juga akan segera dicapai oleh Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan hadirnya satu stadion megah terbaru yakni Stadion Batakan, Balikpapan. Sebelumnya, Kaltim telah memiliki Stadion Palaran, Aji Imbut, Segiri, Tanah Grogot dan Sempaja.

Dengan demikian, Kaltim akan menjadi wilayah di luar Jawa yang memiliki cukup banyak stadion representatif dalam satu Provinsi.

Jika melihat desainnya, sekilas Stadion Batakan banyak diasumsikan layaknya Emirates Stadium milik Arsenal di London. Berkapasitas sekitar 40.000 penonton, nantinya venue ini akan menjadi kandang dari tim Beruang Madu, Persiba Balikpapan.

Model stadion ini terbilang cukup modern sebagai arena sepakbola. Hal ini tampak dari tidaknya lintasan atletik di pinggir lapangan utama yang mengindikasikan bahwa stadion ini dikhususkan untuk laga si kulit bundar.

Menurut perkiraan, Stadion Batakan akan rampung pembangunannya pada pertengahan tahun 2017 ini. Berikut sejumlah tampilan dari Stadion Batakan, Balikpapan: