Respons Menohok Menpora soal Bahrain Ngemis ke AFC Takut Lawan Timnas Indonesia, Jangan-jangan...

Pemain Timnas Bahrain
Sumber :
  • istimewa

VIVA –  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo buka suara terkait permintaan Bahrain kepada AFC agar laga melawan Timnas Indonesia digelar di tempat yang netral.

Bahrain dijadwalkan bakal bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) 25 Maret 2024, untuk menghadapi Indonesia pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 202

Tapi, Federasi Sepakbola Bahrain (BFA)  menyatakan sedang meminta persetujuan AFC dan FIFA agar lokasi pertandingan lawan tim Merah Putih tidak digelar di Indonesia.

Penyebabnya, Bahrain khawatir dengan keselamatan timnya, mengingat banyaknya ancaman yang datang dari suporter Indonesia selepas laga di kandang mereka pada 10 Oktober 2024 lalu.

Terkait hal itu, Menpora Dito memastikan keamanan timnas Bahrain dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang akan digelar di Jakarta.  Yang Dito ragukan adalah kekhawatiran Bahrain itu cuma alasan belaka. 

"Oh pasti (jamin keamanan Bahrain). "Jangan (dipertanyakan), itu menurut saya bisa-bisaan Bahrain aja," kata Dito.

Lebih lanjut, Dito mengatakan, Indonesia telah sukses menyelenggarakan berbagai ajang internasional, yang seluruhnya berlangsung dengan aman.

"Kemarin Pak Ketua PSSI (Erick Thohir) juga sedikit memberikan reaksi dan sudah meng-involve saya bahwa keamanan di Indonesia sangat terjamin," kata Dito.