Kesombongan Pemain China Hina Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Lihat Kualitas Individu Kami ...

Kapten Timnas Indonesia, Jay Idzes
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Setelah berhasil mengalahkan Timnas Indonesia, gelandang China Xie Wenneng menunjukkan kesombongannya. Dia menghina para pemain naturalisasi skuad Garuda.

China yang pada tiga laga sebelumnya hancur lebur di Kualifikasi Piala Dunia 2026, akhirnya mampu meraih kemenangan pertama.

Menjamu Timnas Indonesia di Stadion Qingdao, Selasa 15 Oktober 2024, China menang dengan skor 2-1.

Gol kemenangan China ke gawang Garuda dicetak Baihelamu Abuduwaili pada menit ke-21 dan Zhang Yuning pada menit ke-44. Adapun satu-satunya gol timnas Indonesia dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-86.

Usai pertandingan itu, Xie Wenneng menyebut pemain Timnas Indonesia yang dihuni sebagian besar pemain naturaisasi tidak lebih baik dibanding China.

"Pemain naturalisasi Timnas Indonesia itu cuma pemain kelas dua di Asia, kan? Faktanya, kekuatan kami tidak lebih buruk dari mereka," kata Xie Wenneng kepada M.Dongqiudi

"Jika dilihat dari kualitas individu saja, saya rasa kami hampir sama dengan mereka, bahkan lebih baik," ujar Xie Wenneng menambahkan.
 
 Xie Wenneng saat ini bermain untuk Shandong Taishan FC di Liga Super China.Jika dibandingkan dengan sejumlah pemain Timnas Indonesia, jelas Xie tak lebih superior.

Pasalnya, beberapa pemain Timnas Indonesia berkarier di Liga Top Eropa dan menjadi pemain inti, bahkan Jay Idzes yang jadi andalan klub Serie A Venezia, Mees Hilgers dengan FC Twente (Eredivisie) Maarten Paes bersama FC Dallas (Major League Soccer).