Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Kena Sanksi dari AFC

Baik Timnas Indonesia maupun China sama-sama mengincar kemenangan pertama mereka dalam babak kualifikasi ini.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA – Media asing asal China, Sohu menyebut Timnas Indonesia terancam sanksi dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Mereka melaporkan, sanksi tersebut buntut keributan yang terjadi setelah laga Bahrain vs Timnas Indonesia di Bahrain National Stadium Kamis, 10 Oktober 2024 lalu.

Keributan tersebut adalah bentuk protes yang dilayangkan pihak Indonesia karena menilai keputusan wasit Ahmed Al Kaf penuh kontroversi.

wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin laga Bahrain vs Timnas Indonesia

Photo :
  • X

Kemenangan Timnas Indonesia yang sudah di depan mata kandas akibat keputusan kontroversial Al Kaf yang tidak menghentikan laga, meski tambahan waktu 6 menit sudah terlewati.

Buntut dari keputusan itu, pada menit ke 90+9, Timnas Bahrain dapat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 berkat gol Mohamed Marhoon.

Keributan di kandang Timnas Bahrain itu nampaknya bakal berujung sanksi untuk kedua belah pihak, baik Indonesia maupun tim tuan rumah.

“Melihat reaksi berlebihan dari para pemain Indonesia, besar kemungkinan AFC akan memberikan hukuman kepada kedua belah pihak yang terlibat dalam insiden tersebut,” tulis media itu, dikutip Selasa, 15 Oktober 2024.

"Kedua tim akan menghadapi hukuman berat dari AFC. Jika Indonesia dan Bahrain dikurangi poinnya, kemungkinan besar China akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk naik ke posisi 4 besar, sehingga kembali mendapatkan keuntungan dalam perebutan tiket untuk melaju ke babak play-off,” tulis media itu lagi.