Pemain Timnas Malaysia Ngaku Keturunan Indonesia: Ibu-Bapak Saya dari Gresik

Bek sayap Timnas Malaysia, Mahali Jasuli
Sumber :
  • FAM

Gresik, VIVA – Bek sayap Timnas Malaysia, Mahali Jasuli secara mengejutkan mengaku memeiliki keturunan Indonesia dari sang ibu. Pengakuannya ini sontak menjadi sorotan lantaran rivalitas kedua negara sangat panas dalam sepakbola.

Pengakuan tersebut disampaikan Mahali Jasuli setelah Timnas Indonesia resmi menaturalisasi pemain FC Twente, Mees Hilgers dan punggawa PEC Zwolle, Eliano Reijnders pada Senin, 30 September 2024 lalu.

Mahali mengaku bahwa ayah dan ibunya merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang berasal dari Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur.

"Benar, ayah dan ibu saya sama-sama orang Indonesia. Masih ada KTP merah (status penduduk tetap). Tapi kalau lahir di sini, otomatis mendapat kartu identitas berwarna biru,” ujar Mahali Jasuli kepada media Malaysia, Astro dikutip Selasa, 8 Oktober 2024.

Nama Mahali Jasuli memang sudah tidak asing lagi di benak suporter Garuda. Dalam beberapa kesempatan saat menghadapi Timnas Indonesia ia kerap merepotkan.

Dalam gelaran Piala AFF 2010 dan SEA Games 2011 misalnya, gol yang ia cetak membuyarkan ambisi Indonesia untuk meraih gelar juara.

Kedua orang tua Mahali Jasuli diketahui memang berasal dari Gresik. Dia lahir di Selayang, Selangor, Malaysia saat kedua orangtuanya bekerja di Negeri Jiran, Malaysia.

Kariernya di dunia sepakbola dimulai pada 2007, tercatat ia sudah membela beberapa klub top Malaysia seperti, Selangor, JDT, dan bergabung ke Kuala Lumpur City FC sejak 1 Mei 2024 hingga kini.

Debut bersama Timnas Malaysia senior sejak Agustus 2009, Mahali tercatat sudah melakoni 51 pertandingan dan menyumbang tiga gol.