Timnas Malaysia Bakal Ditempa Tim Khusus, Ambisi Saingi Skuad Garuda?

Pemain Timnas Malaysia U-23 Fergus Tierney
Sumber :
  • Instagram @famalaysia

Kuala Lumpur, VIVA – Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) semakin serius untuk memajukan Timnas Malaysia. Belakangan mereka dikabarkan berencana untuk membentuk tim khusus dalam mengimplementasikan misi tersebut.

Langkah ini juga seiringan dengan dukungan pemerintah Malaysia yang menggelontorkan dana sebesar 15 juta Ringgit (sekitar Rp54,7 miliar) kepada FAM. Dana tersebut ditujukan untuk memajukan Timnas Malaysia baik senior maupun kelompok umur.

Suporter Timnas Malaysia di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Oleh karena itu, FAM berupaya membentuk tim khusus sebagai langkah terapan dukungan dari pemerintah Negeri Jiran. Namun sejauh ini tim khsusu yang dicanangkan tersebut masih belum jelas.

Legenda sepak bola Malaysia, Datuk Jamal Nasir Ismail, ikut memberikan pandangan. Menurutnya, tim khusus yang dimaksud FAM masih dangkal. Sebab baginya Timnas Malaysia sendiri sudah punya Komite Manajemen Tim Nasional di bawah naungan FAM itu sendiri. Kehadiran tim khusus tersebut pun dikhawatirkan bisa tumpang tindih.

"Kami tidak mengerti apa yang dimaksud dengan unit 'khusus' untuk mengawasi pasukan Harimau Malaya, perlu dijelaskan lebih jelas karena tampaknya condong ke arah privatisasi. Penjelasannya masih belum jelas dan banyak orang ingin tahu apa unit 'khusus' ini, tujuannya, dan mengapa dibentuk,” ungkapnya, dipetik dari New Straits Times, Selasa 8 Oktober 2024.

Timnas Malaysia di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

"Menurut saya, tidak perlu ada unit 'khusus' karena kita sudah punya Komite Manajemen Tim Nasional yang diketuai oleh Presiden FAM," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Timnas Malaysia sendiri telah ditinggal pelatih kepala, Kim Pan-gon. Skuad Harimau Malaya-julukan Malaysia- sementara diasuh oleh pelatih interim, Pau Marti.

Dalam waktu dekat mereka akan berhadapan melawan Timnas Selandia Baru di FIFA Matchday pada Senin, 14 Oktober 2024 mendatang. Mereka tampak berusaha untuk mengejar kembali Ranking FIFA Timnas Indonesia yang kini lebih unggul. Terbaru, Skuad Garuda menempati posisi ke-129 sedangkan Harimau Malaya di urutan ke-132 menurut data Footbal Ranking.