Heboh China Bakal Laporkan Timnas Indonesia ke FIFA, Begini Kata PSSI

Pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers
Sumber :
  • Timnas Indonesia

VIVA – Media China, 163.com baru-baru ini memberikan tuduhan terkait naturalisasi dua pemain Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ilegal. 

Mereka menyebut proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tidak sah karena tidak sesuai regulasi.

Aturan yang dimaksud adalah pelaksanaan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia kedua pemain tersebut tidak dilakukan di Indonesia.

Selain itu, media China tersebut juga mengingatkan Timnas Indonesia apabila Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dimainkan melawan China, maka federasi sepakbola China bisa melaporkan Timnas Indonesia ke AFC dan FIFA.

Terkait hal itu, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Sumardji, menegaskan tidak mau ambil pusing. Menurutnya, itu hanya psywar China kepada Timnas Indonesia.

"Kalau yang demikian itu biasa. Jadi begini. Namanya, saya mengibaratkan ya, mengibaratkan ini adalah pertarungan gengsi sebuah negara," katanya.

"Jadi kalau ada sesuatu yang kira-kira akan mengancam, itu terbiasa dengan ya psywar, supaya paling tidak menekan pressure, mental pemain, itu hal biasa," tambah Sumardji.

Lebih lanjut, Sumardji menegaskan, proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tidak ada yang salah sama sekali. Kedua pemain menag benar-benar memiliki keturunan Indonesia.

“Kan Eliano dan Mees kan benar- benar punya darah keturunan kita…gimana sih? Kenapa harus dipertanyakan,” kata Sumardji.

“Saya kira, mereka saja yang mencari-cari supaya kembali lagi. Ini adalah taktik dan strategi mengalahkan suatu peperangan," jelasnya.

Sebelum menghadapi China di Qingdao Youth Football Stadium, pada 15 Oktober 2024, Timnas Indonesia akan lebih dulu menantang Bahrain pada 10 Oktober 2024,