Cosplay Jadi Real Madrid, Jersey Putih Timnas Indonesia Bawa Hoki?

Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA - Jersey putih Timnas Indonesia belakangan jadi pembahasan menarik banyak pencinya sepakbola di Tanah Air. Sebab, seragam tersebut diyakini membawa hoki.

Buktinya, dalam beberapa laga terakhir baik tim senior maupun kelompok umur, Timnas Indonesia kerap memetik hasil apik melawan tim raksasa sekalipun.

Hal tersebut yang kemudian disinyalir membuat Skuad Garuda tengah naik daun belakangan ini. Timnas Indonesia ibarat cosplay menjadi Real Madrid jika memakai jersey putih 

Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Buktinya, dalam laga terakhir di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia mampu menahan Australia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dengan skor imbang kacamata. Hasil tersebut terbilang apik bagi Skuad Garuda yang notabene kalah jauh dari segi ranking FIFA.

Pada pertemuan sebelumnya, Timnas Indonesia bahkan babak belur dihajar Australia empat gol tanpa balas saat memakai jersey merah. Momen itu terjadi ketika mereka berjumpa di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Pemain Timnas Indonesia (Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, Rafael Struick)

Photo :
  • PSSI

Jersey putih Timnas Indonesia juga bertuah ketika bertamu melawan Arab Saudi di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertemuan itu berlangsung pada 6 September 2024 dengan hasil imbang 1-1.

Pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia juga menang 2-0 lawan Filipina dengan jersey putih. Masih di ajang yang sama, tim besutan Shin Tae-yong itu juga sukses membantai Vietnam tiga gol tanpa balas dengan seragam putih.

Nasib mulus juga didapat Timnas Indonesia U-23 saat berjumpa melawan Korea Selatan. Tampil dengan jersey putih bak Real Madrid, Garuda Muda lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 usai menang lewat adu penalti 11-10.

Nantinya Timnas Indonesia akan berhadapan melawan Bahrain pada 10 Oktober 2024 di lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebagai tim tamu. Marselino Ferdinan dan kolega diyakini akan kembali memakai jersey putih sebagai laga away.