Media Asing Sorot Popularitas Timnas Indonesia: Sulap Pemain tak Terkenal Jadi Superstar

Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Media asing asal Amerika Serikat, The Athletic menyorot fenomena unik terkait pemain naturalisasi di Timnas Indonesia yang semula tak dikenal dalam sekejap menjadi superstar di dunia sepakbola.

“Indonesia mengubah pemain tidak terkenal menjadi superstar yang dikagumi,” tulis judul artikel mereka, dikutip Rabu, 2 Oktober 2024.

Dalam artikel tersebut, sosok penjaga gawang FC Dallas, Maarten Paes dikatakan dapat berjalan dengan santai di Texas tanpa dikerumuni banyak orang.

Maarten Paes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Namun, hal itu berbeda ketika Paes berada di Indonesia. Sejak bermain untuk Timnas Indonesia, Paes selalu dikerumuni banyak orang saat berada di Jakarta.

Penggemar sepakbola Indonesia disebut kerap memperhatikan segala gerak-gerik pemain. Bahkan di media sosial, warganet Indonesia dinilai tidak pernah berhenti memuja para pemain keturunan itu.

The Athletic juga membandingkan jumlah follower starting XI Timnas Indonesia dengan XI Timnas Amerika Serikat.

Kendati Amerika memiliki populasi yang lebih besar dibanding Indonesia, namun popularitas skuad Garuda di media sosial sangat tinggi.

Para pemain di starting XI Timnas indonesia unggul 26,9 juta followers berbanding 10 juta followers starting XI The Yanks.

Pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On

Photo :
  • PSSI

Sebagai informasi, Indonesia memang sangat gencar menjalankan program naturalisasi untuk menambah kekuatan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kemarin, dua pemain keturunan berdarah Belanda-Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi disumpah sebagai WNI.

Keduanya dipastikan bakal tampil berlaga saat Tim Merah Putih menghadapi Bahrain dan china di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.