Perubahan Rangking FIFA Timnas Indonesia Sejak Dilatih Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • AFC

VIVA – Rangking FIFA Timnas Indonesia kembali melonjak pada September 2024. Saat ini, skuad Garuda berada di peringkat ke-129.

Sebelumnya Indonesia berada di peringkat ke-133 pada Juli lalu. Melesatnya peringkat Indonesia karena hasil dua kali imbang melawan Arab Saudi 1-1 dan Australia 0-0 pada laga ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dengan tambahan 15,44 poin, Indonesia naik empat peringkat dari 133 ke 129. Skuad Garuda kini mengumpulkan 1124,17 poin.

Ini adalah untuk kesekian kalinya posisi Indonesia melejit sejak ditangani Shin Tae-yong yang pertama kali meneken kontrak pada akhir Desember 2019 lalu.

Sayangnya, perjalanan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia kurang mulus. Dia harus menunggu cukup lama untuk bisa menjalani debutnya karena terhalang pandemi Covid-19.

Saat dia datang, Indonesia berada di peringkat ke-173 ranking FIFA dan tertinggal dari beberapa negara ASEAN termasuk Vietnam dan Malaysia.

Pada prosesnya, progres yang dialami Timnas Indonesia tidak instan. Dia banyak menerima kritik dan keraguan karena membawa ide-ide baru di Timnas Indonesia. 

Dia memilih komposisi pemain yang berbeda dibanding era Simon McMenemy, pelatih sebelumnya. Banyak pemain muda diorbitkan Shin Tae-yong ke level senior.

Pelan tapi pasti, ranking FIFA Timnas Indonesia mulai menanjak pada Oktober 2021. Setelah menang lawan Chinese Taipei di Kualifikasi Piala Asia, Indonesia naik ke peringkat 165.

Setelah itu, ranking Timnas Indonesia secara konsisten naik. Pada April 2023, Indonesia menempati posisi ke-149 di ranking FIFA. Hasil ini didapat usai menang dan imbang melawan Burundi.

Satu tahun berselang, Indonesia kembali naik peringkat. Pada April 2024, Timnas Indonesia berada di posisi ke-134 pada ranking FIFA. Kini, Indonesia berada di posisi ke-129.

Indonesia kini hanya tertinggal dari dua negara ASEAN yakni Vietnam (116) dan Thailand (100). Namun begitu, peningkatan Timnas Indonesia saat ini belum membuat PSSI merasa puas.

Pasalnya, PSSI memasang target Skuad Garuda menembus 100 besar ranking FIFA dalam beberapa waktu ke depan. "Belum cukup, karena mimpi kami bisa membawa Garuda menembus 100 besar dunia," kata Ketua PSSI, Erick Thohir.