Justin Hubner Ungkap Alasan Timnas Indonesia Lebih Baik Main Tandang daripada di Stadion GBK

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner
Sumber :
  • YouTube/Sport77

Jakarta, VIVA – Justin Hubner mengungkap alasan mengapa para pemain Timnas Indonesia tampak lebih baik main di kandang lawan daripada di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Hubner mengatakan, faktor utamanya ada di kualitas rumput GBK yang dinilai belum memadai untuk menggelar pertandingan internasional.

Kualitas rumput yang kurang baik dinilai dapat mempengaruhi penampilan pemain lantaran aliran bola jadi tidak maksimal.

Hal ini berbanding terbalik dengan sejumlah stadion sepakbola yang berada di luar negeri saat Hubner bersama Skuad Garuda melakoni laga tandang.

"Itu semua karena rumputnya," ujar Justin Hubner dilansir dari YouTube Sport77 Kamis, 19 September 2024 siang.

Selain Hubner, kualitas rumput GBK juga sempat diprotes keras pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kondisi demikian dinilai dapat menghambat aliran bola dan menyebabkan pemain sulit melakukan operan akurat.

Selain itu, kritik keras juga sempat dilayangkan suporter Timnas Australia usai tim kesayangan mereka bertemu Timnas Indonesia di SUGBK dalam lanjutak putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Selasa, 10 September 2024.

Seorang suporter Australia mengatakan bahwa SUGBK tidak layak disebut stadion sepakbola, tapi lebih mirip kandang sapi.

“Menyajikan kandang sapi untuk pertandingan sepak bola internasional. Kasihan sekali dan sama sekali tidak bisa diterima," tulis akun Proper-Might5900.