Kata Jordi Amat di Laga Timnas Indonesia Vs Australia

Jordi Amat, Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Bek senior keturunan Timnas Indonesia, Jordi Amat, buka suara di pertandingan melawan Australia pada lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sosok yang juga didapuk sebagai kapten Timnas Indonesia itu menyatakan dukungannya meski tak bisa hadir.

Sebab, pemain berdarah bangsawan Raja Siau, Sulawesi Utara, itu sedang mengalami cedera. Namanya pun batal dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mentas di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jay Idzes, Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Namun Jordi tidak lepas tangan. Dia terus memantau kiprah Skuad Garuda di tahap ini. Pertemuan Timnas Indonesia vs Australia pun menjadi laga yang paling disorot.

Mengingat lawan yang dihadapi ‘bukan kaleng-kaleng’. Pada pertemuan terakhir, Timnas Indonesia dibekuk empat gol tanpa balas oleh Socceroos-julukan Australia- di babak 16 besar Piala Asia 2023. Saat itu Jordi Amat tampil penuh sebagai starter dalam laga yang berlangsung 28 Januari 2024. 

“Kita kembali berhadapan dengan Australia. Meskipun saya tidak hadir secara fisik, pikiran dan hati saya bersama kalian semua. Mari tunjukkan semangat kita!” tutur Jordi di Instagram, Selasa 10 September 2024.

Pertemuan Timnas Indonesia vs Australia itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa 10 September 2024. Tim Merah Putih berhasil menahan imbang skuad besutan Graham Arnold tersebut dengan skor imbang kacamata.

Hasil itu tentu menjadi pencapaian yang positif jika berkaca dari pertemuan sebelumnya. Jordi pun turut merespon hasil seri tersebut sekaligus merayakan kemajuan Timnas Indonesia di Instagram.

Peluang Skuad Garuda untuk setidaknya lolos ke babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 pun masih terbuka lebar. Mereka kini menempati peringkat keempat klasemen Grup C sebagai salah satu tim yang tak terkalahkan selain Jepang dan Arab Saudi. Sementara di urutan ketiga ada Bahrain, lalu Australia di posisi kelima dan China jadi juru kunci.