Shin Tae-yong Komentari Sukses Timnas Indonesia U-19 Juara Piala AFF

shin tae-yong
Sumber :
  • PSSI

Surabaya, VIVA – Timnas Indonesia U-19 sukses menjadi juara Piala AFF (ASEAN Cup) U-19 2024. Garuda Muda menundukkan Timnas Thailand 1-0 dalam laga final yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin 29 Juli 2024.

Satu-satunya gol kemenangan Indonesia dicetak Jens Raven di menit 17. Ini menjadi gelar kedua Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-19, setelah meraihnya pada 2013 silam.

Kesuksesan ini rupanya ikut dikomentari oleh pelatih Timnas Indonesia senior, Shin Tae yong. Shin ikut berkomentar di kolom Instagram Erick Thohir.

"Selamat kepada Timnas U-19 yang telah menjadi juara," ungkap Shin Tae-yong.

Ini menjadi gelar kedua Timnas U-19 di Piala AFF U-19. Menariknya, gelar perdana pada 2013 juga diraih bersama Indra Sjafri.

Gelar Timnas Indonesia juga semakin lengkap karena Ikram Algiffari terpilih sebagai kiper terbaik, sedangkan Dony Tri Pamungkas menjadi pemain terbaik.

Pada laga final yang dipenuhi penonton setia timnas, pelatih Indra Sjafri melakukan perubahan di 11 pertama. Ia memainkan Welber Jardim sebagai pemain inti di pertandingan kali ini, untuk bertandem dengan gelandang Muhammad Kafiatur. Sementara Figo Dennis dibangku cadangkan.

Untuk lini serang, Jens Raven jadi pilihan utama sebagai ujung tombak sedangkan M Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan beroperasi di posisi pemain sayap.

Formasi ini berbuah manis pada babak pertama. Pada menit ke-17, Jens Raven mencetak gol memanfaatkan sepak pojok. Keunggulan 1-0 berkat gol Raven tersebut bertahan sampai peluit panjang berbunyi.