Rekor Buruk Timnas Indonesia saat Bertemu Thailand di Piala AFF U-19

Duel Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Jakarta– Timnas Indonesia U-19 memiliki catatan buruk saat bertemu Timnas Thailand di ASEAN Cup U-19 (dulu Piala AFF). Kedua tim akan bertemu kembali pada pertandingan final di Gelora Bung Tomo, Surabaya Senin, 29 Juli 2024 malam.

Pada kejuaraan ASEAN Cup U-19 2024, baik Indonesia maupun Thailand sama-sama memiliki rekor tak terkalahkan selama kompetisi bergulir hingga ke final.

Indonesia berhasil menyapu bersih empat laga yang dilakoni, sementara Thailand meraih tiga kemenangan dan sekali hasil imbang.

Final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Vs Thailand

Photo :
  • aseanfootball.org

Meski begitu, jika dilihat catatan pertemuan kedua tim sejak kompetisi kelompok umur ini digelar pada 2002 silam, Thailand tetap lebih unggul.

Sepanjang bergulirnya ASEAN Cup atau Piala AFF, Indonesia dan Thailand sudah berjumpa sembilan kali. Garuda Muda hanya mampu menang dua kali dari tim Gajah Putih, sisanya dua hasil imbang dan lima kali kalah.

Salah satu dari dua kemenangan Indonesia terjadi pada 2013 silam, saat itu Indonesia sudah dipimpin coach Indra Sjafri.

Terkait pencapaian di 2013 silam, Indra Sjafri optimis Timnas Indonesia dapat mengalahkan Thailand. Terlebih laga final nanti akan digelar di Jawa Timur.

Jawa Timur memiliki kesan tersendiri bagi Indra Sjafri usai ia mengantarkan generasi Evan Dimas dan kawan-kawan menjuarai Piala AFF U-19 2013 untuk pertama kalinya.

"Saya bersyukur kita bisa ke final. Seperti yang disampaikan kemarin, ini final kedua saya di Jawa Timur dan mudah-mudahan Jawa Timur menjadi kota yang baik untuk saya," usai laga kontra Malaysia Sabtu, 27 Juli 2024.

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22 usai bobol gawang Thailand

Photo :
  • pssi.org

Untuk persiapan partai final, Indra mengatakan pekerjaan rumah utamanya adalah memulihkan kondisi para pemain.

“Saya minta tim dokter tadi segera bekerja malam ini tentang siapa-siapa saja pemain yang cedera dan memberikan pemulihan yang cepat terhadap pemain," pungkasnya.