Kagum dengan Atmosfer Luar Biasa di GBK, Ini Kesan Pelatih Filipina Tom Saintfiet

Pelatih Timnas Filipina Tom Saintfiet
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta – Timnas Indonesia berhasil menggemparkan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dengan mengalahkan Timnas Filipina 2-0 dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa, 11 Juni 2024.

Kemenangan ini mengantarkan Timnas ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan sekaligus memastikan lolos ke Piala Asia 2027.

Dua gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Thom Haye melalui tendangan jarak jauh di babak pertama dan Rizky Ridho melalui sundulan di babak kedua.

Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye berebut bola dengan tiga pemian Filipina

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Hasil ini membuat Timnas Indonesia finis sebagai runner-up Grup F dengan 10 poin di bawah Irak yang menjadi juara grup dengan poin sempurna.

Kemenangan ini terasa semakin istimewa karena diraih di hadapan puluhan ribu suporter yang memadati GBK.

Atmosfer di stadion begitu luar biasa dan memberikan semangat tambahan bagi para pemain Timnas. Hal ini diakui oleh pelatih Filipina yakni Tom Saintfiet.

"Saya ingin ucapkan selamat untuk Indonesia, PSSI, dan juga masyarakat Indonesia karena sudah menang dan lolos Piala Asia 2027 serta melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026," ucap Saintfiet.

"Atmosfer juga luar biasa di stadion ini. Dalam masa kepelatihan 27 tahun, saya tidak pernah merasakan atmosfer seperti ini. Terima kasih atas atmosfer yang sudah mereka hadirkan, banner, dan bendera yang ada di stadion," sambungnya.

Marselino Ferdinan, Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Lolosnya timnas ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 merupakan pencapaian bersejarah bagi sepak bola Indonesia. Ini kali pertama Timnas lolos ke babak ketiga sejak format baru Kualifikasi Piala Dunia diterapkan pada tahun 2006.

Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras para pemain dan tim pelatih di bawah arahan Shin Tae-yong.

Suporter Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Selin itu, peran suporter juga tak kalah penting. Dukungan mereka yang luar biasa memberikan energi positif bagi para pemain. Atmosfer di GBK menjadi bukti bahwa sepak bola Indonesia terus berkembang dan menorehkan prestasi yang membanggakan.

Timnas Indonesia akan menghadapi lawan yang lebih berat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun, dengan kerja keras, kekompakan, dan dukungan penuh dari suporter, Timnas Indonesia yakin dapat meraih hasil terbaik dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.