Pengakuan Jujur Pelatih Korea Selatan U-23 Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23

Hwang Sun-hong,
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Timnas Korea Selatan U-23 lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 sebagai juara Grup B. Taeguk Warriors meraup poin sempurna usai menaklukkan Jepang 1-0, Senin 24 April 2024.

Dengan demikian, Korea Selatan akan menghadapi runner up Grup B. Posisi tersebut ditempati oleh Timnas Indonesia U-23 yang meraih dua kemenangan dan sekali kalah di fase grup.

Di atas kertas, Korea Selatan lebih superior ketimbang Indonesia. Negeri Gingseng lebih berpengalaman dan pernah menjadi juara Piala Asia U-23 edisi 2020. Korsel juga selalu jadi langganan ke Olimpiade dalam sembilan edisi terakhir.

Sementara Indonesia bak anak bayi yang baru lahir. Piala Asia U-23 2024 merupakan yang pertama kali diikuti skuad Garuda Muda.

Meski demikian, pelatih Korea Selatan U-23, Hwang Sun-hong, mengakui pasukan Shin Tae-yong bukan lawan yang mudah.

"Persaingan nyata dimulai dari sekarang. Indonesia bukan lawan yang mudah," kata Sun-hong, dilansir dari media Korea Selatan Newsis.

"Saya berbicara dengan pelatih Shin [Tae-yong] tentang bertemu dengannya di perempatfinal, dan itu menjadi kenyataan. Ini adalah pertandingan di mana kami harus menang. Kami akan bersiap untuk menang," sambungnya.

Hwang Sun-hong mengakui dia terkejut melihat performa Timnas Indonesia U-23 ketika melibas Yordania 4-1. Oleh karena itu, dia menegaskan para pemainnya agar tidak lengah.


"Saya terkejut melihat pertandingan tersebut [Indonesia vs Yordania] karena pelatih Shin menciptakan tim yang sangat bagus. Menurut saya ini adalah tim yang bagus," ucapnya.

"Mereka menunjukkan performa yang baik. Tim ini bisa menang jika mereka waspada dan siap," pungkasnya soal Timnas Indonesia U-23," jelasnya.