Piala Eropa, Prancis Simulasikan 'Bom Meledak' di Stadion

Situasi simulasi aksi teror di Piala Eropa 2016.
Sumber :
  • REUTERS/Robert Pratta

VIVA.co.id – Sebuah kejadian dramatis terlihat di salah satu stadion yang akan menggelar Piala Dunia 2016, Olympic Park, di pinggiran kota Lyon, Prancis. Dua bom meledak dan membuat 80 orang jadi korban.

Tetapi, kejadian tersebut hanya merupakan sesi latihan dalam persiapan jelang gelaran Piala Eropa yang akan bergulir mulai 10 Juni 2016 nanti.

"Latihan ini melibatkan dua orang yang melakukan bom bunuh diri dan 80 korban," ujar salah satu koordinator dari kepolisian, seperti yang dilansir dari Express.

Latihan ini tampak dilakukan sangat serius. Ini membuktikan pihak keamanan Prancis tidak main-main menghadapi aksi teror selama turnamen paling bergengsi di daratan Eropa tersebut.

"Respons dari semua yang terlibat dalam level tertinggi. Amat sangat penting untuk melakukan latihan ini secara benar," lanjut petugas keamanan tersebut.

ISIS memang telah melemparkan ancaman terhadap gelaran Piala Eropa nanti. Tiga bom bunuh diri bahkan sempat meledak di luar Stade de France, November 2015, saat laga persahabatan antara Prancis melawan Jerman.

Meski kondisi tidak 100 persen aman, suporter dari berbagai negara diyakini akan tetap berdatangan ke Prancis. Bahkan, fans Inggris dan Jerman secara tegas menyatakan akan mendukung langsung saat negaranya berlaga.

Amerika Serikat pun sudah mengeluarkan peringatan pada warganya yang mengatakan ancaman teror bisa terjadi di Eropa pada pertengahan tahun ini. Dan target ancaman bisa termasuk hajatan besar macam Piala Eropa 2016. (one)