Dipecat Arab Saudi, Roberto Mancini dapat Pesangon Rp507 Miliar

Pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini
Sumber :
  • uefa.com

Jakarta, VIVA – Roberto Mancini resmi hengkang dari  Timnas Arab Saudi setelah Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) menghentikan kontraknya pada Kamis, 24 Oktober 2024. Pengumuman terkait pemutusan hubungan kerja ini disampaikan melalui akun resmi X milik SAFF.

Menurut laporan dari media Arab Saudi, Kooora, SAFF harus mengeluarkan kompensasi yang mencapai 30 juta euro atau sekitar Rp507 miliar untuk mengakhiri kontrak Mancini lebih awal. Kontrak tersebut seharusnya mengikat pelatih asal Italia itu hingga tahun 2027.

“Kepergian Mancini berakibat kehilangan finansial yang cukup besar bagi SAFF, yaitu 30 juta euro, akibat pemutusan kontrak,” tulis Kooora.

Pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Mancini sendiri telah melatih tim berjuluk The Green Falcons itu sejak 27 Agustus 2023, menggantikan posisi interim yang sebelumnya diisi Saad Al Shehri.

Selama 18 pertandingan, pelatih berusia 59 tahun itu mencatatkan hasil yang cukup beragam dengan 7 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 6 kekalahan.

Keputusan pemecatan ini diduga kuat dipengaruhi oleh penampilan kurang memuaskan Arab Saudi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Arab Saudi hanya berhasil imbang 1-1 melawan Indonesia, menang tipis 2-1 atas China, kalah 0-2 dari Jepang, dan kembali ditahan imbang 1-1 oleh Bahrain.

SAFF juga mengumumkan bahwa pengganti Mancini akan diumumkan dalam waktu dekat. Beberapa nama pelatih ternama telah dikaitkan dengan posisi tersebut, di antaranya Herve Renard, Tite, Jorge Jesus, Rui Vitoria, dan Husein Ammouta.