Juergen Klopp Resmi Gabung Red Bull

Manajer Liverpool, Juergen Klopp
Sumber :
  • AP Photo/Kin Cheung

VIVA – Bagi Jergen Klopp, pasti akan selalu ada pekerjaan berikutnya setelah menukangi Liverpool

Kini, setelah beristirahat dari hiruk pikuk sepakbola, Klopp telah kembali. Pria asal Jerman itu resmi menjabat sebagai kepala sepakbola global tim Red Bull pada Rabu 9 Oktober 2024.

Jabatan itu akan membuat Klopp mengawasi dan memberi nasihat dalam pembinaan dan pengembangan pemain untuk Leipzig di Bundesliga Jerman, Salzburg di Austria, dan New York di MLS serta beberapa kepentingan sepak bola lainnya. 

Dia juga akan memiliki klausul keluar yang memungkinkan dia untuk mengelola tim nasional Jerman.

Namun, ini adalah langkah yang mungkin berdampak negatif terhadap warisan Klopp kepada para penggemar di Jerman. 

Meskipun para penggemar Liverpool—dan penggemar sepak bola Inggris pada umumnya—sebagian besar tidak memiliki perasaan yang kuat terhadap kepentingan sepak bola Red Bull, di Jerman korporasi dipandang sebagai kekuatan yang paling merusak olahraga ini di dalam negeri.

Mengambil klub-klub yang sebelumnya tidak masuk dalam perbincangan nasional, menggelontorkan dana untuk membuat mereka kompetitif, dan berusaha melemahkan tradisi kepemilikan penggemar di Jerman sambil fokus pada pusat branding perusahaan dibandingkan ikatan lokal yang mungkin ada, semuanya merupakan poin-poin yang menjadi perdebatan besar di kalangan penggemar Jerman. .

Bagi penggemar Bundesliga—termasuk Dortmund, yang pendukungnya paling vokal menentang grup Red Bull—ini adalah jaringan sepak bola yang mengisi ruang serupa dengan Manchester City dan The City Group untuk penggemar Inggris—dan penggemar Liverpool khususnya yang melihat Klopp mencoba bersaing dengan mereka.

"Setelah hampir 25 tahun di pinggir lapangan, saya sangat gembira bisa terlibat dalam proyek seperti ini," kata Klopp dilansir liverpooloffside.

"Perannya mungkin telah berubah, tetapi gairah saya terhadap sepak bola dan orang-orang yang membuat permainan ini menjadi seperti sekarang ini tidak berubah," tambahnya.