Sebenarnya Iniesta Mau Main Sampai Umur 90 Tahun

Andres Iniesta
Sumber :
  • leadership.n

VIVA – Sepakbola dunia kembali kehilangan salah satu pemain paling berbakat. Kali ini, Andres Iniesta resmi mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola. Iniesta pensiun di usia 40 tahun.

“Sepak bola berakhir pada tahap ini. Pertandingan terus berlanjut… Saya tidak bisa terlalu jauh dari sepak bola, ini telah menjadi hidup saya dan akan terus demikian. Kami sedang mengerjakan proyek yang berbeda," kata Iniesta.

“Pada langkah selanjutnya, aku punya motivasi untuk terus berlatih di luar sepak bola, tapi dengan cara yang sama. Saya perlu belajar, membuat kesalahan, berlatih, dalam proyek klub yang kami miliki, akademi… yang merupakan warisan yang ingin terus saya pertahankan. Dan saya sudah memulai kursus kepelatihan.

Iniesta mengaku ini adalah momen yang sangat menyedihkan untuknya. Dia sebenarnya berharap bisa bermain hingga usia 90 tahun.

“Sungguh menyedihkan karena saya seharusnya bermain sampai saya berusia 90 tahun, tapi saya senang bisa mewujudkan impian menjadi pesepakbola.”

Iniesta (40 tahun) adalah pemain bintang dan andalan Spanyol dan Barcelona selama periode kesuksesan pada akhir tahun 2000-an dan awal tahun 2010-an.

Iniesta secara teknis tampil sebanyak 131 kali untuk timnas Spanyol. Ia mencetak satu-satunya gol di final Piala Dunia 2010 melalui tendangan di menit-menit terakhir untuk membawa tim matador menang atas Belanda dan mengangkat trofi Piala dunia untuk pertama kalinya.

Iniesta juga memainkan peran kunci dalam keberhasilan Spanyol memenangkan Piala Eropa 2008, sekaligus mengakhiri paceklik trofi negara itu selama 44 tahun. Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen ketika Spanyol berhasil mempertahankan gelar pada tahun 2012.