Tim Asuhannya Kalah 1-9, Robin van Persie Kenang Pengalaman Buruk di Arsenal

Pelatih SC Heerenveen, Robin van Persie
Sumber :
  • instagram.com/scheerenveenofficial

Belanda, VIVA – SC Heerenveen, tim yang dilatih oleh Robin van Persie menelan kekalahan telak dalam pertandingan Liga Belanda, Sabtu malam WIB 15 September 2024. Bermain di AFAS Stadium, markas AZ Alkmaar, mereka takluk dengan skor 1-9.

Kekalahan telak ini menjadi catatan buruk dalam karier kepelatihan Robin van Persie. Tapi dia tak mau jadi patah semangat. Banyak pelajaran yang dipetik olehnya.

"Ini sulit. Anda akan menghadapi sejumlah rintangan dalam karier Anda. Ini adalah rintangan yang sangat besar. Kami belajar lebih banyak pelajaran dari pertandingan ini daripada yang biasanya kami lakukan," kata van Persie, dikutip dari Tribal Football.

Meski kalah telak, tapi van Persie mengaku tidak trauma, begitu juga dengan anak asuhnya. Dia mengaku sudah tahu cara mengatasinya karena ketika masih menjadi pemain di Arsenal, hal serupa pernah dialami.

"Ini adalah bagian dari sepakbola. Saya tidak trauma dengan ini dan begitu pula para pemain saya. Anda ingin mendapatkan yang terbaik dari diri Anda. Itu berarti jatuh dan bangkit lagi," tutur van Persie.

"Saya mengetahui cara kerjanya karena saya juga pernah kalah 2-8 dari Manchester United. Itu juga tidak menyenangkan, tapi itu bagian dari menjadi pemain sepakbola. Itu bagian dari perjalanan setiap orang untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka," imbuhnya.

Sebagai pelatih, van Persie juga tak mau mengelak dari kekalahan ini. Diakuinya dunia sepakbola memang keras, dan banyak yang akan melontarkan kritik kepadanya.

Tapi itu takkan menghentikannya untuk terus optimistis melihat ke depan. Dia ingin semua anggota tim SC Heerenveen bangkit dan kembali dalam kondisi terbaik.

"Ini tentang berdiri dengan dada terbuka dalam situasi seperti ini dan bangga pada diri sendiri dan satu sama lain. Itulah yang harus terus kita lakukan," ujar van Persie.