Kata Ronald Koeman Soal Gol Xavi Simons yang Dianulir Wasit

Pemain Timnas Belanda rayakan gol Xavi Simons yang akhirnya dianulir
Sumber :
  • AP Photo/Hassan Ammar

Jerman – Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman beranggapan gol Xavi Simons yang dicetak ke gawang Timnas Prancis pada babak kedua sah.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Red Bull Arena, Leipzig Sabtu 22 Juni 2024 dini hari WIB itu, Xavi Simons sempat mencetak gol di menit ke-70. Namun, gol itu dianulir wasit Anthony Taylor.

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman

Photo :
  • Sports Mole

Gol tersebut dianulir wasit usai menerima laporan dari VAR bahwa Denzel Dumfries dianggap offside dan menghalangi kiper timnas Prancis, Mike Maignan.

Terkait hal itu, Koeman menilai tidak ada upaya dari Dumfries untuk mengganggu kiper lawan. Adapun, Maigan dianggap sudah mati langkah untuk menghalau laju bola.

"Saya rasa posisi Dumfries memang sudah offside, tetapi dia tidak mengganggu kiper dan bila itu tidak terjadi, maka gol itu sah," kata Koeman kepada The Sun dikutip Sabtu, 22 Juni 2024.

Duel Timnas Prancis vs Timnas Belanda

Photo :
  • AP Photo/Mathias Schrader

Koeman juga menyorot wasit yang memakan waktu sampai lima menit hanya untuk memeriksa gol tersebut. “Saya tidak mengerti, gol itu seharusnya sah,” imbuhnya.

Senada dengan pelatih, Virgil van Dijk juga mengaku kecewa dengan keputusan wasit yang menganulir gol Simons.

Pemain Timnas Belanda Virgil van Dijk dan Stefan de Vrij

Photo :
  • AP Photo/Patrick Post

"Gol kami seharusnya valid berdasarkan apa yang saya lihat dari belakang,” kata dia.

Selanjutnya, Timnas Belanda akan menghadapi Austria dalam pertandingan terakhir Grup D Piala Eropa 2024 Selasa 25 Juni 2024 mendatang pukul 23.00 WIB.