Duh, Guinea Jadi Sasaran Rasisme Netizen Indonesia

Guinea U-23
Sumber :
  • twitter.com/fgfofficiel

Jakarta – Netizen Indonesia melakukan perbuatan yang memalukan. Banyak yang melakukan tindakan rasisme kepada Guinea dalam beberapa jam belakangan ini di media sosial.

Tindakan rasisme kepada Guinea terjadi usai kekalahan 0-1 Timnas Indonesia U-23 di play-off Olimpiade Paris 2024, semalam. Media sosial Joueurs Guinea yang aktif menyampaikan kabar soal sepakbola dibanjiri pesan rasisme.

Karena terlalu banyak yang melecehkan pemain Guinea U-23, akhirnya akun tersebut menonaktifkan kolom komentarnya. Yang menyakitkan bahkan ada yang memberi emoji hewan.

"Menghadapi banjir besar hinaan rasis dan emoji monyet dari fans Indonesia. JGN terpaksa menonaktifkan komentar di halaman Instagram-nya," begitu dikutip dari Twitter Joueurs Guinea.

Guinea U-23

Photo :
  • FIFA

"Rasisme mengambil lebih banyak ruang dalam sepakbola, yang merupakan olahraga yang seharusnya menyatukan kita. Kita tidak akan berhenti melawannya!"

Akun tersebut bicara bukannya tanpa bukti. Dalam unggahan lainnya mereka juga menunjukkan bagaimana komentar hinaan rasis dari netizen Indonesia.

Sikap netizen Indonesia ini banyak mendapat kecaman. Dan itu datang bukan cuma dari Guinea saja, tapi juga dari dalam negeri sendiri.

Tak sedikit yang menyayangkan cara netizen dalam merespons kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Guinea. Perilaku rasisme jelas-jelas ditolak dalam sepakbola dan apa yang dilakukan sekarang sangatlah memalukan.