Yang Promosi dan Degradasi di J League Musim Ini

Tokyo Verdy
Sumber :
  • Dok. J League

Jepang – Meiji Yasuda J League 2023 telah rampung digelar. Ada yang bersedih karena tergedrasi, tapi ada juga yang senang karena berhasil promosi.

Di musim ini, total ada 18 tim yang turut serta di J League. Namun, untuk musim 2024, kompetisi kasta tertinggi sepakbola Jepang akan diikuti 20 tim.

Dari 18 tim di musim ini, cuma ada satu yang terdegradasi. Mereka adalah Yokohama FC yang mengakhiri musim sebagai juru kunci.

Logo J League

Photo :
  • Dok. J League

Memainkan 34 pertandingan musim ini, Yokohama FC cuma membukukan 29 angka. Mereka tertinggal empat angka dari Kashiwa Reysol di urutan 17.

Dari rekam jejak tim, Yokohama FC sering sekali promosi ke J League kemudian terdegradasi. Karena setahun sebelumnya mereka adalah tim promosi.

Satu tim yang terdegradasi, ada tiga tim berhak promosi ke J League 2024. Mereka adalah Machida Zelvia, Jubilo Iwata, dan Tokyo Verdy.

Jubilo Iwata

Photo :
  • Dok. J League

Machida Zelvia adalah juara J2 League musim ini. Ini adalah kali pertama mereka mencicipi naik kasta sejak tim didirikan pada 2012 silam.

Jubilo Iwata promosi berkat menajdi runner up J2 League 2023. Mereka berhasil bangkit, setelah di tahun sebelumnya harus turun kasta dari J League.

Terakhir, ada Tokyo Verdy yang berhasil menang playoff promosi yang diikuti empat tim J2 League.

Di final play-off, Tokyo Verdy bermain imbang 1-1 lawan Shimizu S-Pulse, dan berhasil promosi usai dianggap menang karena memiliki posisi klasemen lebih bagus dibandingkan S-Pulse di musim reguler.