Pekan Terakhir 5 Liga Top Eropa, Penentuan Juara LaLiga dan Ligue 1

Real Madrid merayakan gol
Sumber :
  • instagram

VIVA – Akhir pekan ini, terasa menarik untuk pecinta sepakbola. Sebab, lima liga top Eropa secara kompak menyajikan pertandingan pamungkas.

Serie A, Bundesliga, dan Premier League sudah menghasilkan juara. Berturut-turut, gelar diraih Inter Milan, Bayern Munich dan Manchester City.

Tinggal dua liga yang menyajikan perburuan juara hingga akhir musim. Dua liga tersebut adalah LaLiga dan Ligue 1.

Dari LaLiga, Atletico Madrid dan Real Madrid bersaing ketat. Dua tim asal kota Madrid ini hanya dipisahkan dengan jarak dua poin. Los Rojiblancos mencatat 83 poin, disusul 81 poin Los Blancos.

Madrid dan Atletico sama-sama bertanding Sabtu 22 Mei 2021. Madrid menjamu Villarreal di Estadio Alfredo Di Stefano, sedangkan Atletico melawat ke Estadio Municipal Jose Zorilla.

Meskipun tengah memimpin klasemen, Atletico belum aman. Apalagi, Valladolid akan bermain habis-habisan demi selamat dari degradasi.

Hasil imbang juga bakal menguntungkan Madrid. Jika Atletico imbang dan Madrid menang, Los Blancos bakal juara dengan keunggulan head to head. Satu-satunya jalan aman bagi Atletico adalah dengan memenangkan pertandingan.

Panas di Ligue 1
Selain LaLiga, Ligue 1 juga berlangsung panas. Lille memimpin klasemen dengan 80 poin, disusul juara bertahan Paris Saint-Germain (PSG) dengan berjarak satu angka.

Pekan pamungkas akan berlangsung Senin dini hari WIB, 24 Mei 2021. Lille menghadapi Angers di Stade Raymond-Kopa. Sedangkan PSG melawan tuan rumah Brest di Stade Francis-Le Ble.

Photo :
  • ligue1.fr

Secara lawan, Lille lebih diuntungkan karena Angers sudah tak memiliki kepentingkan. Sedangkan Brest masih menghindari zona playoff degradasi.

Namun, jika Lille terpeleset dan PSG menang, maka Les Parisiens yang keluar sebagai juara. PSG memiliki selisih gol lebih baik dari Lille.

Maka sama seperti Atletico, satu-satunya cara aman bagi Lille untuk menjadi juara adalah dengan memenangkan pertandingan.