Alasan PSSI Coret Nama Riedl dari Pelatih Timnas

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Nama Alfred Riedl dipastikan takkan kembali dipercaya PSSI untuk memegang jabatan Pelatih Timnas Indonesia. Ketum PSSI Letjen TNI Edy Rahmayadi mengungkap alasan tak lagi memasukkan pelatih asal Austria sebagai kandidat pelatih Skuat Garuda.

Riedl sebelumnya pernah membawa Timnas Indonesia dua kali menembus partai Piala AFF, di tahun 2010 dan 2016. Meski terbilang cukup sukses, namun Edy punya pandangan bahwa mantan pelatih Timnas Vietnam ini sudah tak lagi cocok menukangi Andik Vermansyah cs.

Usai Kongres Tahunan PSSI 2017, Edy menjelaskan alasan pihaknya tak lagi mempercayakan Timnas Indonesia senior kepada Riedl.

(Baca Juga: Profil Fantastis 2 Calon Pelatih Timnas Indonesia)

"Tidak ada lagi kan namanya? Sekarang yang ada kan cuma dua nama asal Spanyol. Jadi nama (Alfred) Riedl sudah tidak ada. Beliau kan sudah tua, jadi kasih kesempatan yang lain," ujar Edy kepada wartawan, Minggu, 8 Januari 2017.

Selanjutnya, Edy kembali menyebut jika saat ini PSSI sudah mengerucutkan dua nama pelatih asing, Luis Fernandez dan Luis Milla Aspas.

Menurut Edy, alasan PSSI ingin mengadaptasi permainan ala Spanyol, lantaran postur tubuh dan gaya permainan Indonesia mirip dengan Tim Matador.

"Kita sudah pergi ke sana (Spanyol) sebulan lalu. Kita juga sudah siapkan 50 pemandu bakat dibawahi Sekjen (Ade Wellington) untuk mencari pemain berkualitas di seluruh Indonesia," kata Edy melanjutkan.

"Postur tubuh dan permainan kita itu mirip dengan mereka (Spanyol). Jadi, kita coba untuk datangkan pelatih yang sudah memahami karakter permainan seperti ini," jelasnya.