Alfred Riedl Terpilih Jadi Pelatih Terbaik Piala AFF 2016

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Kiprah pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, di ajang Piala AFF 2016 memang gagal mengantarkan Skuat Merah Putih menduduki podium tertinggi. Namun, kepemimpinan pria asal Austria itu sebagai juru taktik Boaz Solossa cs rupanya mendapat apresiasi tinggi sejumlah pihak.

Salah satunya datang dari situs khusus sepakbola asal Jepang, Football Channel Asia. Dalam sebuah analisa seusai Piala AFF 2016, eks pelatih timnas Vietnam itu ditunjuk sebagai pelatih terbaik di turnamen tersebut tahun ini.

Riedl mampu menyingkirkan nama Kiatisuk Senamuang yang mampu mengantarkan Thailand merengkuh trofi kelima Piala AFF. Beberapa catatan penting pun jadi perhatian khusus kiprah Riedl bersama armada Garuda.

Pelatih 67 tahun ini dianggap berhasil membangun tim di tengah sejumlah kendala dan keterbatasan dalam persepakbolaan Indonesia. Sebelumnya, media asing tentunya tidak ada yang pernah menyangka bahwa Timnas Merah Putih mampu melaju hingga ke partai puncak.

Kredit itu pula yang membuat Riedl dianggap punya formula jitu meramu komposisi tim yang dapat bersaing di tengah sengitnya kepungan para kontestan lain pada Piala AFF 2016.

Bukan cuma Riedl, tiga pemain Indonesia juga dipilih masuk sebagai best team turnamen bergengsi Asia Tenggara dua tahunan itu. Mereka adalah Hansamu Yama Pranata, Stefano Lilipaly dan kapten Boaz Solossa. (one)