Ini Definisi Sukses dari Para Miliarder Dunia

Arianna Huffington, pendiri Huffington Post
Sumber :
  • FrontPageMag

VIVAnews - Definisi sukses itu relatif, tiap pribadi memiliki pendapat yang berbeda dalam mengukur kesuksesannya.

Dilansir Business Insider, Rabu 3 Juni 2014, misalnya Merriam-Webster, mendefinisikan kesuksesan dengan mendapatkan kekayaan, rasa hormat, dan ketenaran.

Namun, banyak yang mengatakan definisi kesuksesan itu masih kurang lengkap. Berikut adalah definisi sukses dari para miliarder dunia:

1. Arianna Huffington, pendiri Huffington Post



Huffington mengatakan, definisi kesuksesan tidak cukup hanya memiliki uang dan kekuasaan. Menurutnya, definis sukses terdiri dari empat hal yakni kesejahteraan, kebebasan, kekuasaan, dan keberkahan.

Dia menjelaskan, keempat hal itu, akan menjadikan kehidupan dan spikologis seseorang benar-benar sukses.

2. John Wooden, pelatih basket legendaris



Wooden menuturkan definisi sukses tidak terkait dengan masalah kepuasan. Wooden memiliki prestasi 620 menang dan mendapatkan 10 gelar nasional. Atas prestasinya tersebut, Wooden dikenal sebagai pelatih pemenang dalam sejarah bola basket perguruan tinggi.

Definisi sukses menurutnya lebih terkait pada bersaing dengan diri sendiri daripada dengan orang lain.

"Sukses adalah ketenangan pikiran, yang merupakan akibat langsung dari kepuasan diri bahwa Anda telah melakukan hal terbaik untuk menjadi yang terbaik dan Anda mampu mewujudkan itu," ujarnya.

3. Tony Hsieh, CEO Zappos



Hsieh mengatakan, sukses adalah saat Anda bisa hidup dengan menjalankan nilai-nilai kehidupan Anda.

"Nilai-nilai diri Anda pribadi akan menentukan siapa Anda sebenarnya, seperti halnya nilai-nilai pokok perusahaan yang akhirnya mendefinisikan karakter dan brand perusahaan itu," tuturnya.

"Bagi individu, karakter adalah takdir. Sedangkan pada organisasi, budaya perusahaan adalah takdir," tambahnya.

4. Maya Angelou, penulis sukses



Angelou mengatakan, sukses adalah saat Anda dapat menikmati dengan senang pekerjaan yang Anda lakukan.

Angelou meninggal dalam usianya yang ke-86 tahun. Dia adalah penyair yang pernah menerima Nobel.

"Sukses adalah menyukai diri sendiri, menyukai apa yang Anda lakukan, dan menyukai bagaimana Anda melakukannya," ungkapnya.

5. Winston Churchill, politisi terkenal Inggris



Dia menjelaskan, sukses adalah saat seseorang mampu berhasil tanpa ada kata menyerah.

Seperti diketahui, Churchill pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris. Dia mengatakan, kesuksesan muncul dari tahun-tahun seseorang berada dalam keadaan yang membuatnya frustasi.

"Sukses adalah saat seseorang dihadapkan pada kegagalan ke kegagalan yang lain tidak ada kata menyerah, dia mampu segera bangkit, dan semangat," ungkapnya.

6. Richard Branson, miliarder pendiri maskapai Virgin



Branson mengatakan, sukses adalah saat seseorang bisa sepenuhnya tenggelam dalam pekerjaannya.

"Definisi saya tentang kesuksesan? Menurut saya, semakin Anda aktif dan terlibat dalam pekerjaan, semakin Anda merasa telah sukses," ungkapnya.

7. Deepak Chopra



Psikiater dan penulis itu mendefinisikan sukses sebagai pertumbuhan yang terus menerus.

"Sukses dalam hidup adalah saat orang merasa bahagia terus menerus dan memiliki realitas tujuan progresif yang layak," ungkapnya.


8. Thomas Edison, penemu



Edison mengatakan sukses adalah kerja keras. Edison merupakan penemu yang memegang lebih dari 1.000 paten. Dia dikenal memiliki etos kerja yang super gila. Defisi sukses menurutnya, lebih ke arah ambisius.

"Sukses adalah 1 persen inspirasi, dan 99 persen keringat," ungkapnya.

9. Stephen Covey, penulis terkenal



Covey mengatakan, definisi sukses sangat individual. Covey adalah penulis buku "The Seven Habits of Highly Effective People" yang terjual lebih dari 25 juta kopi.

"Jika Anda sangat berhati-hati mempertimbangkan apa yang ingin Anda katakan, Anda akan menemukan definisi keberhasilan menurut Anda sendiri," ujarnya. (asp)