Mantan Copywriter Ini Jadi Miliarder Kurang dari 10 Tahun
Jumat, 14 Februari 2014 - 06:02 WIB
Sumber :
- Business Insider
VIVAnews - Pekan ini perusahaan yang dibangun Tory Burch, perancang tas, kacamata hitam, dan sepatu akan merayakan ulang tahun ke-10 tahun.
Dikutip dari laman Business Insider
, Kamis 13 Februari 2014, beberapa produk yang dirancangnya seperti tas high-end dan sepatu reva balet flat kini tersebar di seluruh dunia.
Baca Juga :
Dikutip dari laman Business Insider
Perusahaan yang dimiliki Burch saat ini bernilai lebih dari US$3,5 miliar. Burch memulai kariernya sebagai
copywriter
fashion.
Setelah mantan suaminya, taipan Christopher Burch, memberinya US$2 juta, ia kemudian mulai merancang pakaian di dapur.
Tak lama setelah itu, dia mendapatkan dukungan dari selebriti penting. Itulah yang menjadi faktor penjualannya melonjak drastis.
Tory Burch menghimpun kekayaan dari bisnis fashion dengan label "TRB by Tory Burch" dan berubah menjadi "Tory Burch".
Business Insider
memetakan perjalanan karier Burch hingga dia menjadi miliarder di bidang fashion.
Tory Burch dibesarkan di Philadelphia. Ibunya adalah mantan aktris, sedangkan ayahnya seorang investor. Setelah lulus SMA, dia kuliah di University of Pennsylvania.
Burch memiliki serangkaian pengalaman sebagai penulis sebelum terjun ke dunia fashion.
Dia lalu bekerja untuk berbagai desainer terkemuka seperti Ralph Lauren, Vera Wang, dan Harper Bazaar. Di saat itu lah, ia mencuri berbagai ilmu mereka sebelum mewujudkan mimpinya membuat label fashion sendiri.
Burch keluar dari zona nyamannya, lalu membuat perusahaan sendiri. Pada 2004, dia membuka butik di New York City.
Kemudian, pada 2005, dia meluncurkan Toryburch.com. Pada tahun tersebut, bisnis Burch melejit hingga mendunia setelah mendapat dukungan Oprah Winfrey.
Pada 2006, Burch memperkenalkan model sepatu "Reva" flat balet. Sepatu flat tersebut disukai wanita baik untuk kasual atau saat bekerja.
Pada 2008, The Council of Fashion Designers of America menobatkannya sebagai The Accessory Designer of The Year. Burch mengalahkan desainer papan atas seperti Michael Kors dan Marc Jacobs.
Pada 2009, Burch muncul di sampul depan majalah "Gossip Girl" sebagai dirinya sendiri dengan baju rancangannya.
Pada 2010, Burch meluncurkan produk kacamata hitam. Pada 2011, Burch membuat debutnya di New York Fashion Week.
Saat ini, produk-produk rancangan Tory Burch telah mendunia. Mereknya tersedia di 49 toko Tory Burch di seluruh Amerika Serikat, 24 toko Tory Burch internasional, toryburch.com, dan lebih dari 1.000
department store
dan toko khusus fashion di seluruh dunia.
Pada 2013, Burch pertama kali meluncurkan parfum buatannya. Saat ini, Burch dikabarkan akan segera meluncurkan beberapa produk pakaian pria. (art)