BRI Targetkan Buka Akses Pasar Ekspor Bagi 1.000 UMKM RI, Simak Strateginya

Jajaran Direksi Bank BRI dalam konferensi pers BRI UMKM EXPO(RT) 2025, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Januari 2025
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) akan kembali menggelar BRI UMKM EXPO(RT) 2025, pada 30 Januari sampai 2 Februari 2025 di ICE BSD City Nusantara, Tangerang, Banten.

Direktur Utama BRI, Sunarso menyampaikan, pada gelaran di tahun keenamnya ini, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 akan diikuti oleh 1.000 UMKM unggulan, dengan mengusung tema 'Broadening MSME's Global Outreach'.

Hal itu sebagai bukti nyata komitmen BRI dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Tanah Air, agar mampu memperluas akses ke pasar internasional.

"Tujuan dari BRI UMKM EXPO(RT) 2025 adalah untuk mendukung peningkatan kapasitas UMKM Indonesia, mendorong mereka naik kelas, dan membuka peluang ekspor produk berkualitas ke pasar internasional," kata Sunarso dalam konferensi pers di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Januari 2025.

Bazaar UMKM BRILiaN

Photo :
  • BRI

Sunarso menambahkan, upaya pihaknya dalam meningkatkan kapabilitas pelaku UMKM, juga tercermin dalam berbagai program pemberdayaan yang terus dilakukan BRI sampai saat ini. Misalnya seperti Rumah BUMN, BRIncubator, dan Pengusaha Muda Brilian.

"Semua program ini akan berpuncak dalam gelaran BRI UMKM EXPO(RT) 2025," ujarnya.

Dia meyakini, dengan membuka akses UMKM ke pasar global, nantinya hal itu akan dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja produktif serta meningkatkan daya saing Indonesia.

"Sekaligus memperkuat perekonomian nasional," ujarnya.

Sebagai informasi, antusiasme para pelaku UMKM pada gelaran BRI UMKM EXPO(RT) 2025 sangat luar biasa, yang tercermin dari tingginya animo pendaftar yang mencapai 3.006 UMKM. Dari seleksi ketat pada akhir tahun lalu, akhirnya terpilih 1.000 UMKM unggulan yang akan dipamerkan dalam lima kategori utama.

Kelimanya yakni Home Decor & Craft (153 UMKM), Food & Beverage (358 UMKM), Accessories & Beauty (181 UMKM), Fashion & Wastra (273 UMKM), dan Healthcare & Wellness (35 UMKM). Diharapkan pameran tahun ini dapat melanjutkan kesuksesan event sebelumnya, yang telah mencatatkan hasil positif dan menjadi katalis bagi pertumbuhan UMKM di pasar internasional.