Shopee Ungkap Penjualan Produk UMKM Brand Lokal Naik 7 Kali Lipat pada Momen Ini

[dok. Shopee Indonesia dalam sesi diskusi bersama media di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Desember 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – Shopee melaporkan lonjakan penjualan brand lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat, pada Puncak Kampanye 12.12 Birthday Sale yang digelar dari 15 November hingga 12 Desember 2024 lalu.

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna menjelaskan, salah satu faktor pendukung dari capaian gemilang tersebut misalnya seperti promo untuk produk brand lokal dan UMKM, hingga keseruan belanja lewat fitur interaktif.

"Hal ini berdampak langsung pada lonjakan pesanan. Banyak penjual mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan, berkat visibilitas yang lebih tinggi akan produk brand lokal dan UMKM di sepanjang kampanye," kata Monica dalam diskusi bersama media di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Desember 2024.

Selain itu, Dia juga mengakui bahwa keberhasilan itu juga tidak terlepas dari dukungan para pengguna, dedikasi dari para brand lokal dan UMKM, dan kolaborasi para konten kreator yang tanpa henti mempersiapkan strategi terbaiknya.

Logo Shopee

Photo :
  • shopee.co.id

"Hasil kolaborasi dari seluruh ekosistem Shopee telah membuat perjalanan kampanye akhir tahun 12.12 Birthday Sale menjadi sangat mengesankan dan tak terlupakan dalam menutup tahun 2024," ujarnya.

Kemudian, Monica juga mengatakan bahwa peningkatan tren belanja ini juga sejalan dengan banyaknya pengguna, yang memanfaatkan kampanye 12.12 Brithday Sale untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari berbagai kategori.

Di sisi lain, dengan semakin masifnya tren jual beli online lewat live streaming, Shopee Live berhasil mencatatkan peningkatan transaksi lebih dari 9 kali lipat untuk brand lokal dan UMKM. Hal ini menurutnya menunjukkan antusiasme pengguna dalam memanfaatkan fitur ini, untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun mereka sambil menikmati pengalaman belanja penuh hiburan.

Shopee.

Photo :
  • flickr

Capaian positif serupa juga terjadi pada jumlah klik pada link rekomendasi produk dari Shopee Affiliate, yang mengalami peningkatan 5 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan tahun lalu.

"Hal itu menunjukkan bahwa makin banyak pengguna Shopee yang mencari dan membeli rekomendasi produk brand lokal dan UMKM, melalui konten menarik dari para kreator," kata Monica.

"Karenanya sinergi dari ekosistem Shopee kali ini juga sangat terlihat, dari kolaborasi para penjual dan konten kreator yang memanfaatkan momen akhir tahun untuk memaksimalkan potensi bersama," ujarnya.