Perkuat Branding hingga Program Disabilitas, PNM Raih Apresiasi
- Istimewa
Jakarta, VIVA – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menorehkan prestasi dengan meraih tiga penghargaan di ajang BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) ke-12 tahun 2024. Ajang yang didukung oleh WIR Group dan DMID ini mengusung tema "Empowering Brands, Building Nations: Optimizing BUMN’s Potential Through Exceptional Talents & Advanced Technological Support."
Di acara ini, PNM membawa pulang dua penghargaan Platinum dalam kategori Brand Strategy Relevance dan Brand Creative & Activation. Selain itu, PNM juga dianugerahi gelar The Best Brand Strategy Excellence untuk kategori Anak Perusahaan BUMN.
Direktur Operasional PNM, Sunar Basuki, menyatakan bahwa branding adalah elemen kunci dalam memperkuat nilai perusahaan, terutama di era teknologi industri 5.0. "Branding yang kuat dan social value yang tinggi, hal ini tentunya akan meningkatkan nilai tambah bagi para stakeholder dan memperkuat peran PNM di masyarakat. Dengan dukungan teknologi industri 5.0, dampaknya bisa lebih luas lagi," ujarnya setelah menerima penghargaan di Jakarta, Kamis, 14 November 2024.
Dalam BBMA 2024, PNM juga mempresentasikan PR Campaign Peduli Disabilitas yang menyoroti komitmen perusahaan dalam memberdayakan penyandang disabilitas. Sebagai bagian dari program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera), PNM memberikan akses pembiayaan bagi perempuan prasejahtera, termasuk mereka yang memiliki disabilitas.
Salah satu inisiatif unggulan adalah Klasterisasi Batik Tuli Berdaya, yang melatih pembatik tunarungu untuk meningkatkan keterampilan mereka sekaligus memperkenalkan produk ke pasar yang lebih luas.
"Pembatik tunarungu justru memiliki kualitas produk yang sangat baik, bahkan lebih fokus saat membatik. Mereka tidak terganggu dengan suara di sekitar, sehingga lebih berkonsentrasi pada karya mereka," tambah Sunar.
PNM juga menjalin kemitraan strategis dengan Komisi Nasional Disabilitas (Komnas) untuk memperluas dampak sosial ekonomi bagi kelompok ini. Melalui showcase karya nasabah disabilitas, PNM turut membangun kepercayaan diri mereka dan meningkatkan kesadaran publik tentang potensi besar yang dimiliki penyandang disabilitas.
Hingga kini, PNM telah melayani lebih dari 20,1 juta nasabah ultra mikro di seluruh Indonesia. Dengan penghargaan ini, PNM mempertegas posisinya sebagai perusahaan yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga berkomitmen memberdayakan masyarakat.
"Penghargaan ini adalah kebanggaan bagi seluruh insan PNM. Dengan prestasi ini, semangat kami semakin besar untuk terus memberdayakan masyarakat, bahkan di pelosok negeri," kata Sunar.