Survei di 27 Negara, Indomie Jadi Juara Top Halal Index 2024 Global Brand Produk Mie Instan

Kentang goreng indomie yang dijual di Australia.
Sumber :
  • dok. instagram @milkylaneofficial

Jakarta, VIVA – IHATEC Marketing Research menobatkan Indomie sebagai Global Halal Brand di ajang Top Halal Award 2024 untuk kategori mi instan. Top Halal Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan ataupun brand yang berhasil meraih posisi teratas dalam survei Top Halal Index.

Penghargaan diberikan oleh Direktur IHATEC Marketing Research, Evrin Lutfika kepada Indomie, mi instan produksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang diwakili oleh Ketua Sekretariat Halal Grup Indofood, Agus Suprapta.

Direktur IHATEC Marketing Research, Evrin Lutfika menyampaikan, Top Halal Award adalah untuk mendorong perusahaan agar menjadikan halal sebagai keunggulan utama, serta membantu konsumen dalam memilih merek halal unggulan dan terpercaya yang mampu meningkatkan peluang penjualan.

"Pada tahun ini, IHATEC Marketing Research pertama kali memberikan penghargaan Top Halal Award 2024 - Global Halal Brand pada kategori Instant Noodles, Candy, Coffee Powder, Nuts, Coffee Shop, dan Cosmetics,” ujar Evrin dikutip dari keterangannya, Selasa, 5 November 2024.

Agus Suprapta mengatakan, penghargaan merupakan bentuk cinta dari para penggemar Indomie dimanapun mereka berada yang tak terbatas wilayah hanya di Indonesia.

Indomie.

Photo :
  • Dokumentasi Top Halal Award 2024.

"Kami bersyukur Indomie disukai juga di negara-negara lainnya. Ini akan menjadi semangat bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam rasa dan kualitas produk halal kepada konsumen,”

Penilaian penghargaan berdasarkan survei yang dilakukan kepada responden yang dilakukan di 27 negara selain Indonesia, yaitu 12 negara di Asia, 8 negara di Eropa, dan Turki, Amerika Serikat, Brazil, Australia, New Zealand, Nigeria dan Afrika Selatan.

Pengumpulan data dilakukan pada bulan Agustus 2024 melalui online survei. Responden ditanyakan mengenai produk halal asal Indonesia yang dijual di pasar global. Pemenang Global Halal Brand ditentukan berdasarkan dua elemen yang diukur, yaitu elemen brand dan elemen halal.

Penampakan Warkop Indomie di New York City

Photo :
  • Twitter @pinotski

Elemen brand terdiri dari 3 parameter, yaitu halal brand awareness (merek halal yang paling diingat), halal brand usage (merek halal terakhir dibeli), future intention (merek halal yang akan dibeli di masa mendatang). Sedangkan elemen halal mengukur persepsi keyakinan konsumen terhadap kehalalan produk/merek yang terakhir dibeli.

ICBP memastikan hanya memproduksi produk makanan halal yang telah memenuhi persyaratan halal yang ditetapkan oleh pemerintah bersama MUI.

Seluruh produk makanan yang diproduksi Grup Indofood telah memperoleh Sertifikat Halal dan menerapkan Sistem Jaminan Produk Halal guna memastikan bahwa persyaratan halal telah dipenuhi di seluruh mata rantai pasokan mulai dari bahan baku hingga proses produksi dan distribusi.