Moeldoko Sebut Peningkatan SDM Lokal Berbagai Sektor Dibutuhkan untuk Bangun IKN

Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA - Guna memberi kontribusi lebih besar dalam memperkuat partisipasi warga supaya siap membangun Ibu Kota Nusantara (IKN), Gerakan Bangun Nusantara (Gerbangtara) dan salah satu bank bersinergi dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal di sekitar IKN.

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berharap sinergi tersebut bakal semakin menguatkan peningkatan SDM lokal dari berbagai sektor di kawasan IKN. Gerbangtara sendiri diketahui merupakan bentuk kolaborasi multipihak dari unsur swasta dan organisasi masyarakat sipil yang didukung Otorita IKN, Kantor Staf Presiden (KSP), Kemenpora, Kominfo hingga Kementerian Investasi.

“Peningkatan SDM lokal dari berbagai sektor sangat dibutuhkan di sana (IKN). Misalnya perlu juga regenerasi petani, ini merupakan isu global yang mesti diatasi mulai dari sekarang,” ujar Moeldoko melalui keterangannya pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Kordinator Tim Strategi dan Komunikasi Kebijakan Menpora RI, Wildanshah berharap Gerbangtara bisa jadi ruang kolaborasi multipihak yang selaras dengan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

“IKN adalah ibu kota baru, kita butuh memperkuat generasi baru, Gerbangtara saya harap bisa menjadi Hub multistakeholder dalam membangun SDM di wilayah Kalimatan Timur. Tugas kami memastikan sinkronisasi dan harmonisasi program dan kegiatan kepemudaan, sebagaimana amanat Perpres Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan," kata dia.