Krakatau Posco Jadi Salah Satu Penyumbang Pajak Terbesar di Banten, DJP Kasih Apresiasi

Panel Surya Krakatau Posco.
Sumber :
  • Dokumentasi Krakatau Posco.

Banten, VIVA – Produsen besi dan Baja Krakatau Posco membuktikan komitmennya berkontribusi dalam mendongkrak penerimaan daerah operasionalnya yaitu di Banten. Hal itu ditandai perusahaan menerima Penghargaan Pajak dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Banten pada acara Forum Konsultasi Publik dan Apresiasi Stakeholder.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan sebagai wajib pajak perusahaan di wilayah Banten, yang memiliki kontribusi signifikan dalam mendukung penerimaan pajak dan kepatuhan pajak. Apresiasi tersebut diterima secara langsung oleh Bambang Tri Basuki, Deputy Director Corporate Planning & Finance Division Krakatau Posco

“Predikat sebagai wajib pajak patuh dan menegaskan posisinya sebagai salah satu pembayar pajak terbesar di Kanwil DJP Banten,” ujar Bambang, dikutip dari keterangannya, Kamis, 17 Oktober 2024.

Dia pun mengatakan, kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perpajakan yang berlaku dengan memastikan menjalankan kewajiban perpajakan perusahaan. seperti pemotongan, pembayaran serta pelaporan pajak, baik masa maupun tahunan secara tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku, juga kontribusi perusahaan dalam pembayaran pajak. 

Selain memberikan penghargaan, acara tersebut juga merupakan kesempatan bagi Kanwil DJP Banten untuk memperkenalkan Reformasi Perpajakan yang sedang dilakukan oleh DJP. Salah satunya adalah Pengenalan sistem administrasi perpajakan terintegrasi bernama CoreTax. Sistem ini dirancang untuk memberikan layanan perpajakan yang mudah, andal, terintegrasi, akurat, dan pasti kepada wajib pajak.

Kegiatan ini diharapkan mampu untuk meningkatkan sinergitas antara Pemerintah, DJP dan seluruh investor baik itu industri, pariwisata dan lainnya untuk tetap lancar beroperasi dan dapat meningkatkan penerimaan pajak daerah.

Krakatau Posco.

Photo :
  • Dokumentasi Krakatau Posco.

“Berkat kerja sama dan kontribusi dari teman-teman wajib pajak di lingkungan Kanwil DJP Banten, Alhamdulillah pada tahun ini pendapatan pajak kami sudah melebihi target dengan mendapatkan pendapatan mencapai 103 persen, sekali lagi terima kasih atas kontribusinya kepada negara dalam rangka menjalankan roda pemerintahan dan mensejahterakan masyarakatnya,” imbuhnya. 

Keberhasilan Krakatau Posco dalam memenuhi kewajiban perpajakan mencerminkan komitmen kuat perusahaan terhadap tanggung jawab sosialnya, yang tidak hanya berkontribusi pada pendapatan negara, tetapi juga mendukung pembangunan ekonomi di Provinsi Banten. Penerimaan penghargaan sebagai wajib pajak patuh ini menjadi motivasi bagi wajib pajak lain untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap kewajiban pajak. 

Dengan pencapaian ini, Krakatau Posco telah membuktikan bahwa integritas dan tanggung jawab perpajakan sangat penting, serta menjadikannya pijakan untuk terus berkomitmen dalam membangun negeri melalui pembayaran pajak yang tepat waktu dan sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.