Prabowo Minta Airlangga Jaga Kondisi Ekonomi RI di Tengah Tantangan Geopolitik

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kertanegara, Jaksel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto angkat bicara soal tawaran menteri yang diberikan Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Dia mengaku posisi menteri itu sesuai dengan bidang yang digelutinya.

Hal itu diungkap Airlangga usai memenuhi panggilan Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Senin, 14 Oktober 2024. Prabowo diketahui memanggil sejumlah tokoh yang digadang-gadang akan menjadi menteri untuk kabinet pemerintahannya 5 tahun ke depan.

"Tentu pembahasan dengan beliau, ada beberapa hal yang menjadi penekanan beliau tetapi penugasannya tentu sesuai dengan bidang yang selama ini saya geluti," kata Airlangga kepada wartawan Senin, 14 Oktober 2024.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kertanegara, Jaksel.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

Airlangga kemudian membeberkan, dalam pertemuan itu membahas soal kondisi geopolitik hingga masalah pangan dan energi yang sangat krusial di masa sekarang dengan Prabowo. Dalam kesempatan itu, Prabowo bahkan meminta Airlangga untuk menjaga situasi perekonomian di Indonesia.

"Jadi saya sudah sampaikan bahwa pembicaraan dengan beliau meminta untuk terus menjaga situasi perekonomian, yang juga sekarang menghadapi tantangan yang luar biasa dan geopolitik. Tentu juga masalah pangan dan masalah energi menjadi krusial di situasi seperti ini," tutur dia.

Sementara itu, terkait dengan posisi menteri yang ditawarkan, Airlangga masih merahasiakannya. Dia meminta semua pihak menunggu pengumuman resmi dari Prabowo selaku pemegang hak prerogratif sebagai Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

"Kalau posisinya nanti diumumkan oleh beliau secara langsung. Tapi beliau menyampaikan tentu geopolitik tidak sedang baik-baik saja, ekonomi juga demikian," tandas Airlangga.