IAPI Tegaskan Komitmen pada Profesionalisme Akuntan Publik

IAPI selenggarakan Pendidikan & Sertifikasi Jasa Investigasi.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA –  Dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme dan integritas akuntan publik di Indonesia, Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dengan bangga menyelenggarakan Pendidikan & Sertifikasi Jasa Investigasi Batch ke-7.

Program ini berlangsung secara luring pada 14-18 Oktober 2024 di Hotel Sentral Cawang, Jakarta, dan bertujuan untuk memperkuat keahlian para peserta dalam bidang investigasi keuangan.

Tercatat sebanyak 59 peserta mengikuti program ini, menandakan antusiasme dan kebutuhan akan sertifikasi profesional di bidang investigasi keuangan. Pendidikan sertifikasi ini dirancang secara khusus untuk mencetak para ahli investigasi keuangan yang berkompeten dan berintegritas, sesuai dengan Standar Jasa Investigasi (SJI)  yang telah diterbitkan.

Selama lima hari, peserta mengikuti rangkaian Workshop yang mencakup materi penting seperti pemeriksaan investigatif, perhitungan kerugian negara/keuangan negara , dan penggunaan keterangan ahli.

Program ini diakhiri dengan ujian dan sesi Role Play menantang yang menghadirkan hakim dan pengacara sungguhan, untuk memastikan para peserta benar-benar memahami dan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari.

Dr. Asep Nana Mulyana,SH., M.Hum, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung Republik Indonesia dalam sambutannya yang disampaikan Oleh Dr.Neva Sari Susanti, SH .MHUM selaku Koordinator Pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum menyatakan, ”harapan saya, akan semakin banyak lagi lahir para akuntan publik sebagai investigator yang akan memudahkan jaksa mendapatkan alternatif ahli investigasi dari yang sudah ada saat ini.

Hal lainnya adalah akan memudahkan pekerjaan Jaksa seperti mempercepat perolehan perhitungan kerugian keuangan negara, atau memperoleh alat bukti guna pembuktian dipersidangan.”

Dr. Hendang Tanusdjaja, Ketua Umum IAPI, menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan program ini.

“Kami sangat bangga dengan capaian telah terselenggaranya Pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi hingga Batch-7 ini. Program ini tidak hanya berhasil meluluskan para ahli investigasi keuangan yang kompeten, tetapi juga telah memperkuat standar profesionalisme di bidang audit investigatif.”

Sebagai asosiasi profesi yang terus mendukung pengembangan kompetensi dan integritas di kalangan akuntan publik, IAPI berkomitmen untuk menyediakan program-program sertifikasi berkualitas yang sejalan dengan kebutuhan industri, ujar Hendang.

Dr. Jamaludin Iskak, Ketua Komite Jasa Investigasi, menambahkan, “Kami berharap para lulusan Pendidikan Sertifikasi Jasa Investigasi ini tidak hanya menjadi ahli yang handal, tetapi juga mampu mengedepankan integritas dalam setiap tugas yang mereka jalankan. Ini adalah langkah penting dalam menjaga kepercayaan publik terhadap profesi kita.”

Irwanto, Ketua Forum Akuntan Investigator (FAIr), turut menyampaikan komitmennya: “FAIr berkomitmen untuk terus mendidik para lulusan dan pemegang CFI melalui berbagai program pelatihan dan pengembangan berkelanjutan.

Kami percaya bahwa pembelajaran tidak berhenti di sini; justru ini adalah awal dari perjalanan panjang untuk menjadi praktisi investigasi keuangan yang unggul.”

Puncak dari rangkaian pendidikan ini adalah prosesi inaugurasi yang akan diselenggarakan secara luring. Peserta yang lulus dengan latar belakang akuntan publik akan menyandang gelar Certified Financial Investigator (CFI), sementara pemegang CPA non akuntan publik dan manager audit di KAP akan mendapatkan gelar Associate Certified Financial Investigator (ACFI).

IAPI mengajak seluruh anggotanya untuk terus meningkatkan kualitas diri dan berpartisipasi dalam program-program pengembangan profesional yang diselenggarakan oleh IAPI. Dengan demikian, para akuntan publik Indonesia dapat terus berkontribusi positif dalam menjaga kepercayaan publik dan integritas profesi.