Pupuk Kaltim Genjot Efektivitas Inovasi Perkuat Posisi di Industri Nasional

PT Pupuk Kaltim
Sumber :
  • Dokumentasi PT Pupuk Indonesia (Persero)

Jakarta, VIVA – Pengembangan inovasi terus digalakkan PT Pupuk Kalimantan Timur dalam mendukung aktivitas bisnis, sejalan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang dikedepankan dalam mendukung aktivitas bisnis perusahaan.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo, mengungkapkan, inovasi juga memiliki dampak langsung ke masyarakat. Utamanya terkait keberlanjutan lingkungan dan peningkatan kualitas produk bagi petani dalam mendorong sektor pertanian Indonesia yang berkelanjutan.

“Dengan terus berinovasi, Pupuk Kaltim tidak hanya memperkuat posisi di kancah industri nasional maupun global, tetapi juga berkontribusi dalam upaya mencapai keberlanjutan,” ujar Soesilo, dikutip dari keterangannya, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Revamping Pabrik tertua Pupuk Kaltim.

Photo :
  • Dokumentasi Pupuk Kaltim.

Komitmen itu lanjutnya, salah satunya dibuktikan dengan Tim inovasi Pupuk Kaltim kembali meraih prestasi terbaik dalam ajang Asia Pacific Quality Organization (APQO) ke-29. Pada ajang tersebut, sebanyak tiga gugus inovasi Pupuk Kaltim mengusung berbagai gagasan yang berfokus pada inovasi keberlanjutan, efisiensi operasional serta dampak positif terhadap lingkungan dalam mendorong kinerja perusahaan.

Dua gugus inovasi berhasil membuktikan diri dengan menyabet penghargaan tertinggi predikat 4 Stars, yakni PKM 4-IR dan PKM VIB EXCELLENT, serta PKM MASTER dengan predikat 3 Stars sekaligus memboyong penghargaan Best Productivity. Tiap tim mempresentasikan berbagai terobosan yang berhasil dicapai satu tahun terakhir, mulai dari efektivitas proses produksi, peningkatan performa perangkat pabrik, hingga jasa pelayanan dan perbaikan dengan nilai efisiensi yang terus meningkat.

Menurutnya, prestasi yang kembali diraih Pupuk Kaltim pada APQO tahun ini, semakin mengukuhkan posisi perusahaan yang terus berinovasi dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas industri. Dikatakan Soesilo, inovasi merupakan salah satu pilar utama dalam strategi perusahaan dalam menghadapi tantangan, sekaligus kunci mempertahankan daya saing di pasar global yang semakin kompetitif.

Soesilo menjelaskan, Pupuk Kaltim sebagai salah satu Industry Leader tanah air dengan predikat World Class, secara rutin terlibat di ajang APQO guna mengukur efektivitas inovasi dalam mendukung komitmen perusahaan untuk peningkatan mutu produksi dan efisiensi secara berkesinambungan.

Hal ini sejalan dengan salah satu visi APQO, sebagai penggerak utama universal dalam mendorong peningkatan kualitas yang tidak hanya terfokus pada barang dan jasa, tapi juga kualitas hidup masyarakat dan pemberdayaan lingkungan.

“Melalui efektivitas inovasi yang dikembangkan, Pupuk Kaltim pun terus berupaya memberikan performa terbaik dalam mendorong keberlanjutan sekaligus dampak positif bagi masyarakat,” lanjut Soesilo.

Menurut dia, seluruh unit kerja di Pupuk Kaltim terus berlomba mengembangkan inovasi melalui pemanfaatan teknologi untuk mencapai efisiensi dan efektivitas secara signifikan, serta berorientasi pada pengembangan Industry 4.0 yang juga diterapkan perusahaan secara berkesinambungan.

Hal ini pun didukung Direksi dan Manajemen Pupuk Kaltim dengan memfasilitasi para inovator melalui ajang kompetisi terbuka di internal perusahaan, yang melahirkan beragam tools baru dengan berbagai keunggulan. Tim terbaik mendapat kesempatan mewakili perusahaan di tingkat nasional hingga internasional seperti APQO.

PLTS rooftop Kantor Pusat Pupuk Kaltim.

Photo :
  • Dokumentasi Pupuk Kaltim.

“Pengembangan inovasi setiap tahun secara tidak langsung turut meningkatkan kinerja perusahaan. Baik dari sisi perencanaan, eksekusi hingga monitoring dan evaluasi," tambah Soesilo.

Dirinya pun mengapresiasi seluruh prestasi yang berhasil diraih tim inovasi Pupuk Kaltim pada APQO-IC tahun ini, dan berharap capaian tersebut menjadi semangat untuk lebih meningkatkan kinerja dalam mendukung realisasi target perusahaan. Terlebih inovasi diciptakan secara mandiri dengan nilai efisiensi yang terus meningkat, sehingga mampu menyelamatkan perusahaan dari berbagai potensi risiko dan kerugian.

"Adanya dukungan inovasi di segala bidang, Pupuk Kaltim optimis mampu mempertahankan kinerja positif dalam jangka panjang, guna meningkatkan kontribusi terhadap ketahanan pangan melalui penyediaan pupuk berkualitas," pungkas Soesilo.