Soal Kabinet Gemuk, Prabowo: Negara Kita Besar Bung!

Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Presiden terpilih Prabowo Subianto merespons pihak yang menyinggung soal kabinet gemuk yang ada di pemerintahannya nanti. Dia menyebut, pembentukan itu dikarenakan sejumlah alasan.

Prabowo mengatakan, salah satu alasan dibentuknya kabinet gemuk ini karena luasnya Indonesia. Hal ini disampaikannya dalam acara BNI Investor Daily Summit 2024.

"Karena saya ingin membentuk pemerintahan persatuan nasional yang kuat, terpaksa koalisinya besar. Nanti akan dibilang oh kabinet Prabowo kabinet gemuk, banyak, ya negara kita besar bung!," tegas Prabowo di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2024.

Presiden terpilih Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Prabowo membandingkan luas Indonesia dengan Eropa. Dia menyebut luas Indonesia sama halnya dengan Eropa, yang mana di dalamnya ada sebanyak 27 negara. Prabowo juga mencontohkan dengan Timor Leste.

"Sebagai contoh Timor Leste negaranya itu jumlah penduduknya 1,3 juta kalau tidak salah, lebih kecil dari Bogor, kabupaten Bogor. Kabinetnya, menterinya tau nggak berapa? 28 menteri. Kenapa? karena dia koalisi juga," jelasnya.

Prabowo menturkan, dengan luasnya Indonesia ini, maka dirinya harus merangkul semua kelompok dari Indonesia Timur hingga Barat ada di dalam pemerintahan.

"Kalau kita negara otoriter hanya satu partai ya bisa jalankan negara ini hanya dengan 24 menteri. Tapi saya harus merangkul semua kelompok, harus ada perwakilan dari Indonesia timur, Indonesia Barat, Indonesia Tengah. Dan memang pekerjaan kita berat, kita bersyukur kita diberi kekayaan alam yang luar biasa," kata Prabowo.