Raffi Ahmad Jadi Waketum Kadin Bidang Parekraf, Begini Tugasnya!

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.
Sumber :
  • Instagram @raffinagita1717

Jakarta, VIVA – Raffi Ahmad baru saja ditunjuk sebagai salah satu pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk periode 2024-2029.

Dalam struktur kepengurusan yang baru, Raffi akan menjabat sebagai Wakil Ketua Umum bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Waketum Parekraf).

Dalam unggahan di Instagram Story-nya pada Selasa, 8 Oktober 2024, Raffi menyampaikan rasa terima kasih kepada Anindya Bakrie selaku Ketua Umum Kadin, serta anggota Kadin lainnya.

“Terima kasih pastinya kepada Pak Anindya Bakrie selaku Ketua Umum yang sudah mempercayakan kami. Di sini saya, Raffi Ahmad dan Pak Boby, kami dipercayakan, kalau saya selaku Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ungkap Raffi.

Menurut informasi yang diperoleh dari website resmi Kadin, tugas utama Raffi sebagai Waketum Parekraf adalah menjadi motor penggerak dalam membangun ekonomi kreatif. Ia akan melakukan pengembangan terpadu, advokasi kebijakan, dan pemanfaatan ruang publik untuk mendukung pertumbuhan sektor ini.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Anindya Bakrie, saat mengumumkan jajaran pengurus Kadin Indonesia periode 2024-2029, di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Senin, 7 Oktober 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Raffi Ahmad juga akan memimpin pengembangan Parekraf Terpadu, sebuah inisiatif kolaborasi untuk menyelenggarakan acara dan gerakan bertaraf internasional. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya tarik serta jangkauan ekonomi kreatif di Indonesia.

Selain itu, suami Nagita Slavina ini akan melaksanakan program Parekraf Advocacy Initiative. Program ini berfokus pada advokasi terkait Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2022 dan UU No. 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif. Dengan dukungan ini, diharapkan adanya regulasi yang kondusif bagi pengembangan ekonomi kreatif dapat tercipta, mendorong inovasi dan investasi di sektor ini.

Salah satu tugas penting lainnya bagi Raffi adalah memanfaatkan ruang publik sebagai sarana pengembangan ekosistem ekonomi kreatif yang relevan dengan zaman. Hal ini akan membuka peluang baru bagi para pelaku usaha kreatif untuk memasarkan produk mereka, serta meningkatkan jaringan dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Pakai Seragam Tentara di HUT TNI, Raffi Ahmad Dibanjiri Komentar Negatif

Photo :
  • Instagram @raffinagita1717

Sebagai informasi tambahan Kadin Indonesia sebagai induk organisasi dunia usaha, memiliki jaringan bisnis yang mencakup seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Organisasi ini menaungi berbagai asosiasi bisnis di semua sektor usaha, sehingga posisi Raffi dalam Kadin diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menggerakkan ekonomi kreatif di tanah air.