Respons LMAN soal Ganti Rugi Tanah Mat Solar yang Jadi Tol Cinere-Serpong

tol Cinere-Serpong.
Sumber :
  • Dokumentasi Jasa Marga.

Jakarta, VIVA - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) buka suara soal artis pemeran Bajaj Bajuri, Mat Solar yang belum mendapatkan ganti rugi atas tanahnya yang terkena proyek Tol Cinere-Serpong. Padahal proyek itu sudah selesai dibangun dan telah digunakan.

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN, Rustanto mengatakan, realisasi anggaran untuk pengadaan lahan Tol Cinere-Serpong saat ini sudah 99,92 persen. 

"Saya juga sempet baca beritanya, kebetulan dari Mbak Oneng, memang di data kami untuk Serpong-Cinere kalau alokasi, realisasi dananya sudah 99,92 persen, sudah hampir selesai," ujar Rustanto dalam media briefing di Kantor LMAN, Jakarta, Senin, 7 Oktober 2024.

Media Briefing Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN)

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Rustanto mengatakan, untuk masalah konsinyasi penjualan tanah tersebut sudah berlangsung sejak 2019. Sehingga negara masih menunggu permasalahan tersebut selesai di pengadilan.

"Jadi, kalau konsinyasi itu tentu menunggu putusan dari pengadilan. Nanti, once putusan pengadilan keluar, tentu pembayarannya akan bisa dilakukan," jelasnya. 

Adapun kabar mengenai belum dibayarnya ganti rugi tanah Mat Solar yang terkena proyek Tol Cinere-Serpong diungkapkan oleh Rieke Diah Pitaloka atau Oneng. Hal ini disampaikan Oneng melalui instagram miliknya @riekediahp, pada Sabtu, 5 Oktober 2024. 

"Kirain udah beres urusan tanah #BangJuri yang dipake negara buat jalan tol Cinere-Serpong. Masalahnya jalan tol sudah operasi, kenape tanah Bang Juri belom lunas dari 2019," tulis Rieke.