5 Reksa Dana Saham Paling Moncer, Catat Return Tahunan Fantastis hingga 28,24 Persen

Ilustrasi Passive Income
Sumber :
  • Dokumentasi HaloMoney

Jakarta, VIVA – Reksa dana saham jadi pilihan investasi baik untuk membangun kekayaan maupun mengamankan nilai aset. Infovesta merilis daftar reksa dana saham yang berhasil membukukan imbal hasil (return) tertinggi secara year to date (ytd) hingga Oktober 2024.

Reksa dana jadi opsi investasi yang banyak dipilih masyarakat karena relatif aman dan minim rugi. Hal itu karena jenis investasi ini dilakukan oleh Manajer Investasi. Dengan begitu, meminimalisir kesalahan dalam mengalokasikan dana karena uang sudah dikelola oleh ahlinya.

Jenis investasi ini biasanya dipilih oleh investor pemula atau seseorang yang tidak mempunyai banyak waktu untuk menganalisa pasar. Hal tersebut akan dilakukan oleh Manajer Investasi yang kemudian kinerja efek akan dilaporkan kepada investor. 

Bukan hanya itu, Manajer Investasi juga akan memberikan rekomendasi alokasi dana yang sesuai dengan tujuan keuangan dari setiap investor. Di samping berbagai kelebihan tersebut, investor semestinya menyadari risiko investasi reksa dana.

Mulai dari berkurangnya nilai investasi yang terpengaruh perkembangan pasar uang dan pasar modal, seperti perubahan suku bunga, jatuhnya harga saham dan lainnya. Dikutip dari OJK, investor juga perlu mewaspadai potensi miss manajemen pengelolaan yang mengakibatkan menurunnya Nilai Aktiva Bersih (NAB) per unit reksa dana.

Ada enam jenis reksa dana yang dapat investor pilih, yakni pasar saham, campuran, pendapatan tetap, pasar uang, indeks dan ETF, serta pendapatan tetap USD. Infovesta merilis efek reksa dana yang berhasil membukukan imbal hasil (return) tertinggi secara year to date (ytd) hingga 4 Oktober 2024.

Keuntungan paling besar berasal dari kategori saham dengan perolehan return hingga 28,24 persen. Berikut daftar produk reksa dana saham yang sukses bagi cuan jumbo untuk para investor.

1. HPAM Ekuitas Syariah Berkah

Ilustrasi rekomendasi platform reksa dana bagi gen z

Photo :
  • www.freepik.com/free-vector

Juara imbal hasil tertinggi produk reksa dana saham merupakan besutan PT Henan Putihrai Asset Management (HPAM), yaitu HPAM Ekuitas Syariah Berkah sebesar 28,24 persen secara ytd. Dana kelolaan mencapai Rp 10,59 triliun yang berasal dari 31.924 investor. Harga per unit sebesar Rp 2.084,79. 

Perusahaan efek yang sudah beroperasi selama 18 tahun mengklaim return setahun sebesar 45,53 persen. Dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) mencapai 17,13 persen.

2. Bahana Icon Syariah Kelas G

Bahana Icon Syariah Kelas G menempati posisi kedua dengan nilai imbal hasil sebesar 16,09 persen. Jumlah dana kelolaan mencapai Rp 18,01 miliar. 

Harga per unit dipatok Rp 963.48. Kinerja reksa dana secara tahunan mencatat imbal hasil sebesar 9,99 persen. Dikutip dari laman resminya, ICon sesuai untuk profil nasabah moderat-agresif.

3. Syailendra Alpha Focus Eguity Fund Kelas A

Reksadana Pasar Uang

Photo :
  • istockphoto.com

Return yang dikasih perusahaan efek mencapai 15,83 persen secara ytd. Dilansir dari Bareksa, Syailendra Alpha Focus Eguity Fund Kelas A mempunyai dana kelolaan sebesar Rp 39,50 miliar.

Syailendra Alpha Focus Eguity Fund Kelas A mematok harga per produk senilai Rp 1.273,89. Return selama satu tahun diklaim sebesar 14,44 persen.  

4. Pratama Dana Gemilang Saham

Pratama Dana Gemilang Saham memberikan return sebesar 15,37 persen. Sementara, tingkat imbal hasil dalam setahun mencapai 4,54 persen.

Jumlah dana kelolaan sebanyak Rp 27.04 miliar. Dengan harga NAB per unit sebesar Rp 1.098,31.

5. Pratama Dana Alpha Saham

Ilustrasi Saham dan Reksadana

Photo :
  • pexels.com/energepic.com

Perusahaan efek yang mencatat return jumbo adalah Pratama Dana Alpha Saham, yakni sebesar 14,50 persen secara ytd. Sementara, secara tahunan sebesar 5,22 persen. 

Pratama Dana Alpha Saham mempunyai dana kelolaan sebanyak Rp 46,46 miliar. Nilai aktiva bersih per unit dipatok Rp 789,62.

Artikel ini telah tayang di InvestorTrust.id dengan judul, "Top 5 Kinerja Reksa Dana secara Ytd, Return Tertinggi Tembus 28,84%."