Sri Mulyani Ungkap Desa Mandiri di RI Terus Naik Tembus Angka 20.000

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut, jumlah desa tertinggal miskin saat ini turun drastis bila dibandingkan awal tahun 2004. Dia menyebut, hingga saat ini jumlah desa mandiri sudah mencapai 20.000 desa. 

Sri Mulyani menjelaskan, naiknya jumlah desa mandiri ini menggambarkan bahwa transfer ke daerah yang disertai akuntabilitas dan performance akan menghasilkan hasil baik.

"Saya sebetulnya termasuk yang senang karena waktu awal tahun 2004 jumlah desa yang tertinggal miskin itu masih sangat tinggi. Desa mandirinya sangat sedikit sekarang lebih dari 20.000, berarti sudah sepertiga dari desa-desa kita itu sudah mandiri. Itu dengan dana desa yang selama ini kita berikan for the last almost 10 years," ujar Sri Mulyani dalam Seminar Internasional Desentralisasi Fiskal 2024 Rabu, 24 September 2024.

Kampung Tambakrejo Pesisir Semarang, Desa Mandiri - ternak bebek

Photo :
  • VIVA/Dhana Kencana

Sri Mulyani mengatakan, dengan sudah tercapainya 20.000 desa mandiri ini diharapkan sebanyak 75.000 desa di Indonesia akan menjadi desa mandiri.

"Kita sih suatu saat berharap 75.000 desa di Indonesia, semuanya akan menjadi mandiri dan menjadi baik," ujarnya.

Menurut Bendahara Negara ini, dengan sudah mandirinya seluruh desa di Indonesia maka akan menurunkan angka kemiskinan, stunting, hingga menjamin hidup masyarakat lebih sehat.

"That become the achievement untuk penurunan kemiskinan, stunting, maupun quality dari lingkungan di mana mereka hidup menjadi lebih bersih, lebih tertata dan tentu sehat," kata dia.