Menpan-RB Sebut Urus Pernikahan, Lahiran hingga Perceraian Nantinya Bisa Online

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

Jakarta, VIVA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas menyebut, Pemerintah saat ini tengah mendorong implementasi Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE). Sejumlah layanan pun akan menjadi prioritas untuk segera diaplikasikan seperti pendaftaran pernikahan hingga melahirkan. 

Anas mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan agar layanan terkait perjalanan hidup atau life journey diprioritaskan.

"Pertama mulai anak melahirkan, kami senang dan mengapresiasi beberapa pemda telah mengintegrasikan ini. Mulai anak lahir, mendaftar sekolah, memasuki perguruan tinggi, mengendarai atau memiliki kendaraan," ujar Anas di Kempinski, Jakarta, Senin, 23 September 2024.

Selain itu, layanan lainnya yang akan diprioritaskan adalah mencari pekerjaan hingga pendaftaran pernikahan. 

"Ini enggak gampang melangsungkan pernikahan, kadang kita kalau menikah itu begitu banyak administrasi yang betul dipersiapkan. Sehingga menyebabkan beberapa PR baru yang mesti bertumpuk dikerjakan ketika mereka memerlukan syarat-syarat," katanya. 

Begitu pula dengan perceraian hingga mengurus administrasi kematian. Anas mengatakan, nantinya semua itu bisa diakses melalui satu super apps pemerintah yang mengintegrasikan portal nasional dan portal pemerintah.

"Inilah beberapa hal prioritas dasar yang menjadi mandat kita untuk dikerjakan. Kita didorong untuk segera membuat portal nasional dan portal di pemerintahan masing-masing secara terintegrasi," imbuhnya.