Menkes Budi Respons Kabar Masuk Bursa Menteri Keuangan Prabowo

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, The Interview
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin merespons kabar dirinya yang masuk ke dalam bursa calon menteri keuangan kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Budi yang ditanya awak media mengenai kabar tersebut hanya melemparkan senyum. Dia mengatakan, untuk keputusan itu ada di Prabowo. 

"Gitu? Itukan kata situ, yang tahu Pak Prabowo," ujar Budi sambil tersenyum di Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, 20 September 2024. 

Budi mengaku bahwa komunikasi yang terjalin dengan Prabowo berjalan baik. Namun, dia enggan berbicara lebih jauh mengenai tawaran menteri keuangan di pemerintahan Prabowo.

Menkes Budi Gunadi Sadikin

Photo :
  • ist

"Kita sama sama teman di kabinet jadi pasti. (Tawaran) itu yang menentukan Pak Prabowo," terangnya.

Adapun isu mengenai Budi masuk ke dalam bursa calon menkeu sudah berhembus sejak Mei 2024. Pada berita VIVA sebelumnya, beberapa nama yang disebut akan menggantikan Sri Mulyani, yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Royke Tumilaar.

Di sisi lain, Sri Mulyani sempat memberikan kode bahwa dirinya benar-benar akan mengakhiri jabatannya sebagai Menteri Keuangan. Kode itu sempat diutarakan Sri Mulyani, saat menghadiri acara 'Spectaxcular 2024' yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, pada Minggu, 14 Juli 2024.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito (Jakarta)

Acara sebelumnya sempat diisi dengan atraksi sumbang suara oleh Direktur Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu, Suryo Utomo, yang bernyanyi bersama jajaran Kemenkeu membawakan lagu dari band rock Steelheart berjudul "She's Gone".

Namun, pada saat Sri Mulyani diajak ke atas panggung untuk menyanyikan lagu berikutnya, Menkeu sempat berkelakar bahwa lagu yang sebelumnya dinyanyikan oleh Dirjen Pajak itu adalah persembahan untuk dirinya sebagai Menkeu. 

"Tadi lagunya apa? She's Gone? Itu lagu untuk saya. I'm gone," kata Sri Mulyani, dikutip Senin, 15 Juli 2024.