Usai Diresmikan Jokowi, Jalan Tol Solo-Jogja Seksi 1 Dibuka Gratis

Gerbang Tol Banyudono menjadi akses masuk ke Jalan Tol Solo-Jogja seksi 1 Kartasura-Klaten
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Jalan Tol Solo-Jogja seksi 1 Kartasura-Klaten mulai dioperasionalkan pada hari ini, Jumat, 20 September 2024. Operasional jalan tol sepanjang 22,3 kilometer itu dilakukan setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikannya di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali pada Kamis, 19 September 2024.

Direktur Utama PT Jasa Marga Jogja Solo (JMJ) Rudy Hardiansyah mengatakan rencananya setelah diresmikan Presiden Jokowi, jalan tol akan mulai beroperasi  pada pukul 00.00 WIB, Jumat, 20 September 2024.

“Kita akan buka jadi  (GT) Colomadu tidak ada transaksi di situ. Semua transaksi langsung di gerbang exit tol Solo-Klaten ini,” kata dia usai peresmian Jalan Tol Solo-Jogja seksi 1 Kartasura-Klaten di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Kamis, 19 September 2024.

Presiden Jokowi meresmikan jalan tol Yogyakarta-Solo seksi I Kartasura-Klaten di Gerbang Tol Banyudono

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Setelah Jalan Tol Solo-Jogja seksi 1 resmi beroperasi, lanjut Rudy, tidak akan dikenakan biaya tarif tol alias gratis. Hanya saja sampai kapan pemberlakuan tarif gratis itu, ia mengaku belum tahu persis tetapi berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya diperkirakan akan berlangsung hingga dua pekan.

“Kalau gratisnya, kami belum pegang atau masih menunggu SK tapi kalau dari sebelum-sebelumnnya biasanya (gratis) satu sampai dua minggu,” ujar dia.

Sementara itu, Corporate Communication Jasa Marga, Misye Octaviana mengatakan setelah Jalan Tol Solo-Jogja seksi 1 Kartasura-Klaten beroperasi nantinya tidak akan ada lagi transaksi di Gerbang Tol Colomadu karena ruas jalan tol ini sudah terintegrasi sehingga transaksi akan dilakukan di gerbang tol di ruas Kartasura-Klaten.

“Jadi nanti akan bertransaksinya di sini. Namun itu masih sesuai dengan tarif yang fase 3. Untuk ruas Kartasura-Klaten ini blum keluar tarif resminya karena baru diresmikan. Ini masih proses administrasi dengan Kementerian PUPR dan BPJT. Nanti pada saat waktunya sekitar tadi dua minggi ke depan akan kami infokan lagi,” kata dia.